Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Rabu, 23 Mei 2012

Review: MIB III ~ When The Movie Has Been Too Old, It's Time To End It


Genre: Action, Comedy, Science
Director: Barry Sonnenfeld
Casts: Will Smith, Tommy Lee Jones, Josh Brolin, Jemaine Clement, Emma Thompson, Alice Eve, Bill Hader
Running Time: 103 Minutes

Synopsis:



Duo Agen MIB Jay (Will Smith) dan Agen Kay (Tommy Lee Jones) kembali beraksi. Ketika dunia terancam oleh alien jahat, Agen J melakukan perjalanan kembali ke tahun 1969, di mana J dengan Agen K yang lebih muda berusaha untuk menghentikan penjahat bernama Boris (Jemaine Clement) yang berencana menghancurkan dunia di masa depan dan tentunya menyelamatkan Agen K itu sendiri yang telah tewas di masa yang akan datang. Emma Thompson akan bermain sebagai Agen operasi O.

Review:
Ada apa dengan film yang menjadi salah satu film favorit gua 15 tahun lalu? Apa yang terjadi dengan MIB semenjak kesuksesan di film pertama? Mengapa kualitasnya semakin merosot?
Ok, pertama mari kita perhatikan detail berikut.

Avatar (James Cameron), membutuhkan biaya produksi sebesar $300 Juta. Hasilnya, sangat menggagumkan, pendapatan mencapai $2,7 Milyar dan menjadi film terlaris di dunia sepanjang masa mengalahkan Titanic.
The Avengers (Joss Whedon), membutuhkan biaya produksi sebesar $270 Juta. Hasilnya, hanya butuh waktu 1 minggu untuk mencapai pendapatan lebih dari $1 Milyar.
Men In Black III (Barry Sonnenfeld), membutuhkan biaya produksi sebesar $375 Juta. Hasilnya? Thumbs Down :-pq


Ada apa dengan Barry? Barry seperti enggan dan setengah-setengah dalam mengusahakan film MIB semenjak seri keduanya yang mulai mengalami penurunan drastis baik dari segi jalan cerita dan bahkan ide kreatif itu sendiri yang tidak muncul.
Alur cerita di film ketiga benar-benar dipaksakan seperti seolah-olah film adaptasi dari novel, ketika novel itu sudah habis dan filmnya masih laris di pasaran, maka pihak produksi siap merilis kembali film itu dengan jalan cerita yang dibuat sendiri dan hasilnya terkesan dipaksakan demi mendapatkan penghasilan yang lebih.
15 tahun lalu MIB benar-benar menarik banyak penggemar. Jalan ceritanya baru, agen berhadapan dengan alien. 10 tahun lalu MIB II dirilis tapi sayang hasilnya tidak sesuai ekspetasi tinggi penonton terhadap film pertamanya. Tahun 2012, 10 tahun yang cukup panjang untuk menantikan kembalinya Will Smith dan Tommy Lee Jones, ternyata di luar ekspetasi. Penampilan keduanya melorot jauh ke bawah. Will dan Tommy tidak berakting layaknya Agen J dan K seperti 15 tahun lalu. Tapi untungnya Josh Brolin yang memerankan versi muda Agen K berhasil menyelamatkan film.

3D pada film ini tidak sesuai dengan komentar Will Smith yang mengatakan akan membuat 3D seharusnya bisa dinikmati, Hasilnya? Tidak ada apa-apa yang perlu ditampilkan secara 3D pada film ini. Jalan ceritanya datar dan hampir di keseluruhan film penonton hanya bisa duduk tenang dengan mimik muka yang datar. Adegan action dan komedi yang unsur utama MIB benar-benar garing dan tidak mengundang tawa dan seru. Mungkin salah satu adegan yang cukup mengejutkan dalam film ini adalah adegan klimaks yang benar-benar 'Wah!'.


Secara keseluruhan, film MIB terus mengalami penurunan kualitas dari film pertamanya. Dan dengan rencana dilanjutkan ke film ke-4, ada baiknya pihak Columbia Pictures melakukan perombakan dari dalam tim maupun luar untuk mencapai hasil yang memuaskan seperti pada film pertamanya.

NB: Dari sederetan nama Cameo yang muncul, gua cuma bisa lihat Nicole Scherzinger, Lady Gaga sama Tim Burton. Justin Bieber? Atau mungkin kelewatan ya?

Rating:
Cerita: 5/10
Pemain: 6/10
3D: 5/10
Ending: 5/10
Overall: 5/10

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful