Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Rabu, 02 Mei 2012

DC vs. MARVEL ~ Can 'Bruce Wayne' survive the invasion from 'AVENGERS'?



DC dan MARVEL akan kembali 'bertarung' di arena Box Office dunia pada musim panas tahun 2012 ini. DC akan kembali dengan sang ksatrianya Batman arahan Christopher Nolan lewat 'THE DARK KNIGHT RISES' sedangkan MARVEL akan melakukan serangan penuh dengan kumpulan beberapa superhero ternama lewat 'THE AVENGERS'.


Kedua studio ini memang selalu dikaitkan lewat persaingan di dunia perfilman. Pada tahun 2008, DC menang mutlak pada Box Office dunia serta tingkat kepuasan penonton lewat tangan dingin maestro Christopher Nolan pada film 'THE DARK KNIGHT' yang juga masuk dalam 10 besar film terbaik dunia versi IMDB. 


'THE DARK KNIGHT' menang mutlak atas produksi MARVEL pada tahun 2008 yaitu 'IRON MAN'. Tapi 'IRON MAN' juga mendapat pujian dari beberapa penonton dan fans setia MARVEL atas debut gemilangnya di dunia perfilman.

Seiring berjalannya tahun, kedua studio ini mulai memproduksi beberapa film yang siap edar. MARVEL membuat gebrakan besar. Pada tahun 2008, AVENGERS mulai dibentuk dan dirancang sebagai proyek akhir dalam menggebrak indstri perfilman 4 tahun mendatang. Berikut proses produksi yang disusun oleh MARVEL Studio.


Dimulai dengan Iron Man dan Incredible Hulk pada tahun 2008, MARVEL mulai memperkenalkan satu per satu siapa-siapa saja yang akan tergabung ke dalam skuad AVENGERS yang dibentuk oleh Nick Fury (Samuel L. Jackson) nantinya.
Tahun 2010 MARVEL meneruskan film Iron Man ke tahap kedua sekaligus menyambungkan latar belakang cerita yang akan dibawa ke proyek AVENGERS nantinya.
Dan tahun 2011 MARVEL menuntaskan skuad AVENGERS lewat film Thor dan Captain America yang masing-masing diperankan oleh Chris Hemsworth dan Chris Evans.


Sementara DC fokus pada trilogi Batman arahan Christopher Nolan yang dinilai oleh banyak orang sebagai film Batman tersukses dan terbaik yang pernah ada. Bahkan beberapa orang pun mengatakan bahwa Batman arahan Christopher Nolan bukan hanya sekedar film, melainkan 'pecutan' untuk film-film produksi MARVEL Studio yang dinilai terlalu mewah dengan hasil yang tidak terlalu maksimal.

Dengan adanya persaingan kedua studio besar ini, pasti ada pula dengan benih-benih sukses di dalamnya. Mari kita simak mengenai produksi film-film MARVEL dan DC.

~THE PROJECT~

MARVEL: The Avengers (Iron Man, Hulk, Thor, Captain America)


+ Superhero berkelas dan berkualitas.
+ Memiliki nama yang sudah mendunia.
+ Latar belakang yang saling terkait.

- Tidak maksimal dalam penggarapan alur cerita.
- Pemahaman terhadap masing-masing karakter kadang tidak sesuai dengan latar belakang.
- Memaksa penonton menyaksikan keseluruhan film jika tidak ingin bingun ketika menonton The Avengers.

DC: Batman Trilogy (Batman Begins, The Dark Knight, The Dark Knight Rises)


+ Alur cerita yang kelam dan sangat kuat.
+ Artis-artis utama memainkan peran sampai akhir.
+ Tangan dingin Christopher Nolan.

- Adegan-adegan yang terlalu sadis dan kejam.
- Alur cerita yang misteri kadang sulit dimengerti oleh orang awam.
- Bosan dengan produksi DC terhadap Batman, bukan superhero lainnya.

~WHAT'S NEXT?~


MARVEL: Iron Man 2, Thor 2, Avengers 2, Captain America 2, MARVEL: Nick Fury, MARVEL: Black Widow.
-> Banyak orang yang akan menanti apakah yang akan MARVEL lakukan selanjutnya seusai THE AVENGERS.
-> Dan tidak banyak juga orang yang mengira bahwa THE AVENGERS adalah proyek puncak akhir MARVEL.

DC: New Batman Feature Film
-> Christopher Nolan lepas dari Batman dan DC siap membawa Batman menuju untuk memulai babak baru dengan wajah yang baru.
-> Ketidakyakinan publik akan Batman di luar tangan dingin Christopher Nolan.

~THE MAN BEHIND SUCCESS~

MARVEL: Joss Whedon, Jon Favreau, Louis Leterrier, Kenneth Branagh, Joe Johnston


-> Penggarapan cerita yang beragam dengan latar belakang cerita yang selalu diwarnai dengan beberapa fitur-fitur baru.
-> Proyek AVENGERS memaksa para sutradara merancang script cerita agar berhubungan dengan AVENGERS (keterbatasn kreasi).

DC: Christopher Nolan


-> Terbukti lewat tangan dingin Nolan, Batman akhirnya dipuji di kalangan banyak dan selalu dinanti kelanjutan cerita-ceritanya.
-> Kreasi Nolan yang begitu luas dan kelam, membuat orang awam sulit untuk memahaminya.

~THE ARTIST~

MARVEL: Robert Downey Jr., Samuel L. Jackson, Chris Evans, Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Scarlett Johansson


-> Artis-artis top dunia dengan karakternya masing-masing yang sudah dikenal luas oleh para penonton sebagai 'landmark' mereka masing-masing.
-> Artis-artis pendukung yang tampil pada film-film sebelum AVENGERS tidak mendapat porsi pada proyek final THE AVENGERS.

DC: Christian Bale, Gary Oldman, Morgan Freeman, Ken Watanabe, Liam Neeson, Cillian Murphy, Heath Ledger, Katie Holmes, Maggie Gyllenhaal, Aaron Eckhart, Tom Hardy, Anne Hathaway, Marion Cotillard, Joseph Gordon-Levitt


-> Para pemain yang menjadi 'Winning Team' dari Nolan selalu membawanya kepada hasil puncak yang maksimal. Hal ini terbukti ketika The Dark Knight berhasil masuk 10 besar film terbaik sepanjang masa dan Alm. Heath Ledger berhasil memenangkan penghargaan pada ajang Academy Awards 2009 sebagai Aktor Pendukung Terbaik.
-> Belum ada satu pemain utama dari film Batman masuk dalam nominasi sebagai Aktor dan Aktris Terbaik pada ajang Oscar atau pun Golden Globes.

Denga begitu ketatnya persaingan di antara DC dan MARVEL, bukan tidak mungkin akan ada masuk beberapa studio baru yang siap ikut ke dalam persaingan ini.

So, THE AVENGERS? or THE DARK KNIGHT RISES?

DC? or MARVEL?

It's all your choice!

~HT~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful