Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Kamis, 22 Maret 2012

Review: The Hunger Games ~ Happy Hunger Games!



Genre: Action, Drama, Sci-Fi
Director: Gary Ross
Writer: Gary Ross, Suzanne Collins
Cast: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Elizabeth Banks, Stanley Tucci, Wes Bentley, Donald Sutherland, Woody Harrelson
Running Time: 142 Minutes

Synopsis:


Setiap tahunnya Capitol setempat mengadakan perlombaan yang dinamakan Hunger Games di mana dari 12 Distrik, masing-masing Distrik mengirimkan perwakilan 1 orang anak laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 12-18 tahun. Saat mendengar nama adiknya terpilih mewakili Distrik 12, Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) memaksakan dirinya menjadi volunteer menggantikan adiknya sekaligus mewakili distriknya bersama Peeta Mellark (Josh Hutcherson). Hunger Games mempertemukan 24 anak yang dipertarungkan di dalam suatu arena di mana 23 lainnya akan terbunuh yang akan menghasilkan 1 orang pemenang dengan hadiah berlimpah dari Capitol. Akankan Katniss berhasil keluar hidup-hidup dari pertempuran maut ini? The World Will Be Watching!

Review:
Alur cerita mudah diikuti dan sangat menarik. 50 menit awal film benar-benar sangat meyakinkan dan menarik. Prologue dan awal-awal adegan film menceritakan bagaimana proses dan persiapan seorang Katniss menjadi wakil dari Distrik 12 pada ajang Hunger Games. Setelah 50 menit berlalu, itulah sebenarnya 'THE HUNGER GAMES' baru dimulai. Pertarungan 24 orang yang siap merebut satu posisi yakni pemenang. Tapi cukup disayangkan justru alur cerita menurun pada bagian ini hingga akhir film. Walau begitu film masih dapat diikuti dan dijamin tidak akan membuat Anda bosan dan tertidur.


Akting Jennifer Lawrence memang tidak perlu diragukan lagi. Nominasi sebagai pemeran wanita terbaik lewat film Winter's Bone pada 2010 memang masih sulit dilupakan. Tapi sekali lagi dirinya membuktikan bahwa dirinya adalah artis papan atas. Peran apiknya sebagai Katniss memang menjadi peran sentral jalannya keseluruhan film. Jennifer memang pandai memainkan emosi penonton dan cukup piawai bermain film action seperti ini. Tapi yang cukup disayangkan peran Liam Hemsworth yang cukup disia-siakan hanya sebagai pendukung atau bahkan figuran. Liam hanya muncul di awal-tengah-akhir film dan itu pun tidak lebih dari sekedar figuran. Josh Hutcherson yang kita kenal lewat film Journey 2: The Mysterious Island mendapat peran pria utama dalam film ini mendampingi Jennifer. Tapi sayangnya romance yang coba dibangun keduanya lewat film ini terasa kurang pas dan tidak terlalu dapat dirasakan penonton.


Dan jika Anda berpikir 'The Hunger Games' akan menampilkan adegan berdarah-darah dalam peperangannya, Anda salah besar. Mendapat rating 'REMAJA' membuat film ini akan terlihat sekedar menghibur seperti Narnia dan Percy Jackson yang tidak lain hanya akan menampilkan perang biasa dan survival serta tentunya romansa di dalamnya.


Secara keseluruhan, Hunger Games tidak terlalu buruk dan tidak membosankan saja, hanya saja masih kurang maksimal penggarapannya dan belum mencapai titik yang seharusnya. Jadi nikmatilah filmnya bersama keluarga dan teman-teman Anda.

NB: 10 menit terakhir, subtitle film akan berubah menjadi Bahasa Jerman. Entah kenapa gua juga ga tau. Tapi dialog tetap menggunakan Bahasa Inggris.


Rating:
Cerita: 7/10
Pemain: 7/10
Ending: 6/10
Overall: 7/10

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful