Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Rabu, 21 Maret 2012

Review: Dr. Seuss' The Lorax ~ I Wish Lorax is Real


Genre: Animation, Family, Fantasy
Studio: Universal Studio
Director: Chris Renaud, Kyle Balda
Cast (Voices): Zac Efron, Taylor Swift, Danny De Vito, Ed Helms
Running Time: 86 Minutes

Synopsis:



Petualangan animasi berikut menceritakan tentang perjalanan seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun, Ted, saat ia mencari satu hal yang akan memungkinkan dia untuk memenangkan hati dari gadis impiannya, Audrey. Untuk menemukannya ia harus menemukan Lorax, makhluk pemarah namun menawan yang berjuang untuk melindungi dunianya.

Review:



Di luar dari alur cerita film The Lorax, gua sanjung tinggi pesan yang ingin disampaikan dalam film animasi ini. Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan, manusia, diberikan indera-indera untuk melihat, berbicara, bernafas, mendengar. Kita pun sebagai manusia dapat melakukan apa pun yang kita ingin lakukan. Sama seperti hewan. Hewan melakukan apa pun yang mau mereka lakukan untuk bertahan hidup termasuk mempertahankan keberadaannya. Tapi lain halnya dengan tumbuhan/tanaman. Tanaman hidup tidak bergerak. Mereka digerakkan oleh kita sebagai manusia. Kita menanam, menyiram dan memberi pupuk agar mereka tumbuh hijau memberikan udara segar bagi dunia ini.


Apa jadinya kalau tanaman hijau yang sudah ada dilumpuhkan oleh kita sebagai manusia? Sebagai contohnya saja, kita ambil saja Indonesia terutama di kota Jakarta. Jarang sekali kita temukan daerah di Jakarta yang benar-benar hijau. Debu adalah hal yang langsung kita temui di daerah berpenghuni padat ini. Kita sebagai manusia selalu berpikiran sesuai kehendak kita. Jarang sekali kita mempedulikan apa yang ada di sekitar kita. Asap-asap kendaraan, sampah dan debu sudah menjadi rutinitas bagi warga Jakarta untuk setiap hari disapa dan ditemui. Tanaman-tanaman yang ada malah dicabut dan dipindahkan. Pohon-pohon banyak yang ditebang. Ingin sekali kita rasanya melihat kota yang penuh dengan tanaman hijau.


Tidak ada salahnya jika pemerintah mencanangkan program GO GREEN. Tapi pertanyaannya, apakah pemerintah sendiri mau menjalankan program tersebut dengan baik dan rutin? Kesadaran dimulai dari diri kita sendiri. Keinginan untuk menciptakan kota yang bersih dan indah berawal dari diri kita sendiri. Jika kita mau, kita pasti bisa menciptakan kota yang hijau dan bersih.

Itulah pesan sekaligus inti dari cerita pada film The Lorax. Mudah untuk dicerna dan diikuti. Sebuah film keluarga yang patut Anda tonton bersama keluarga. Ini adalah pesan yang sangat bermakna bagi kita yang ada di muka bumi ini.


Semoga bumi ini semakin dipenuhi dengan adanya tanaman hijau dan tentunya kitalah yang akan memulainya.

Rating:
Cerita: 8/10
Pengisi Suara: 6/10
Animasi: 7/10
Ending: 5/10
Overall: 7/10


Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful