Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Jumat, 28 Desember 2012

Cloud Atlas: The Timeline Connections


Click on the image to view larger

"The Pacific Journal of Adam Ewing" (1849)

Cast: Tom Hanks, Halle Berry, Jim Broadbent, Hugo Weaving, Jim Sturgess, Doona Bae, Ben Whishaw, Keith David, David Gyasi, Susan Sarandon, Hugh Grant

Samudra Pasifik Selatan, 1849. Adam Ewing, seorang pengacara asal Amerika dari San Francisco selama masa California Gold Rush, datang ke Kepulauan Chatham untuk menyelesaikan sebuah perjanjian bisnis dengan Pendeta Gilles Horrox untuk ayah mertuanya, Haskell Moore. Dia adalah saksi yang mencambuk seorang budak Moriori, Autua, yang ikut pergi ke kapal Ewing, dan meyakinkan Ewing untuk menyembunyikan dia, lalu melakukan advokasi baginya untuk bergabung dengan kru sebagai warga kehormatan. Sementara itu, Dr Henry Goose perlahan mulai meracuni Ewing dengan obat yang diklaim menjadi obat anti cacing parasit, yang bertujuan untuk mencuri barang-barang berharga Ewing. Ketika Goose mencoba untuk mengelola dosis obat secara berlebihan, Autua menyelamatkan Ewing. Kembali ke Amerika, Ewing dan istrinya, Tilda, mengecam keterlibatan ayahnya dalam perbudakan.

Connection: Bae dan Sturgess  menikah pada cerita, tetapi mereka juga bermain pada alur cerita di Seoul. Ewing memiliki tanda lahir komet (sesuatu yang muncul secara berulang pada beberapa tokoh beberapa waktu kemudian). Jurnal yang disimpan Ewing dibaca dalam alur cerita pada tahun 1936, "Letters from Zedelghem" oleh Jim Frobisher.

"Letters from Zedelghem" (1936)

Cast: Tom Hanks, Halle Berry, Jim Broadbent, Hugo Weaving, Jim Sturgess, Ben Whishaw, James D'Arcy, Hugh Grant

Cambridge, Inggris, dan Edinburgh, Skotlandia, 1936. Robert Frobisher, seorang musisi muda Inggris yang biseksual, bekerja sebagai seorang amanuensis pada seorang komposer terkenal Vyvyan Ayrs, yang memungkinkan Frobisher mengambil waktu dan inspirasi untuk menulis karyanya sendiri yang berjudul, "The Cloud Atlas Sextet". Ayrs ingin mengambil kredit sebagai potongan, dan mengancam untuk mengekspos latar belakang skandal Frobisher jika ia tidak mematuhi. Lalu Ayrs ditembak oleh Frobisher dalam sebuah konfrontasi di antara mereka, dan melarikan diri ke sebuah hotel. Di sana, ia menyelesaikan karyanya dan menembak dirinya sendiri hanya beberapa saat sebelum kekasihnya Rufus Sixsmith tiba di hotel.

Connection: Frobisher memiliki tanda lahir komet. Kita juga melihat dia membaca kisah Ewing dalam sebuah buku. Lagu Sextet karyanya dicari dan dimainkan di sebuah toko rekaman dalam kisah 1973 setelah karakter Berry membaca surat-suratnya kepada kekasih Frobisher, Sixsmith. Dan juga, Ayers mendengarkan lagu Sextet dalam mimpi tentang New Seoul.

"Half-Lives: The First Luisa Rey Mystery" (1973)

Cast: Tom Hanks, Halle Berry, Hugo Weaving, Jim Sturgess, Doona Bae, Ben Whishaw, James D'Arcy, Zhou Xun, Keith David, David Gyasi, Hugh Grant

San Francisco, California, 1973. Luisa Rey adalah seorang jurnalis yang secara kebetulan bertemu Dr. Sixsmith, seorang ahli fisika nuklir. Sixsmith memberitahu Rey sebuah konspirasi mengenai keselamatan reaktor nuklir baru. Tetapi Sixsmith dibunuh oleh seorang pembunuh bayaran bernama Bill Smoke, sebelum ia dapat memberinya laporan yang membuktikan hal itu. Isaac Sachs, karyawan lain di pembangkit listrik juga memberinya informasi, tapi dia dibunuh oleh Smoke ketika berada di dalam pesawat. Tidak hanya itu Smoke juga berupaya membunuh Rey dengan menabrak mobilnya hingga terjatuh dari jembatan. Tapi sayang usahanya kali ini gagal karena Rey berhasil keluar dengan selamat. Dengan bantuan dari kepala pabrik keamanan, Joe Napier, Rey menghindar dari upaya lain yang mengancam hidupnya, yang akhirnya menyebabkan kematian Smoke, dan mengekspos plot kecelakaan nuklir untuk kepentingan perusahaan minyak.

Connection: Luisa memiliki tanda lahir komet. Hubungan besar yang terjadi di sini adalah bahwa Luisa sedang membaca surat-surat Frobisher dan berusaha mencari musiknya (dan dia kebetulan bertemu dengan seorang petugas toko kaset yang dimainkan oleh aktor yang sama yang dimainkan Frobisher, Ben Whisaw). Ini juga merupakan salah satu dari beberapa koneksi di mana karakter yang benar-benar membuat hubungan sebuah cerita menuju ke depan karena kita bisa melihat kekasih Frobisher sebagai orang tua. Bola pembangkit listrik yang ada di sini adalah bola yang sama kita lihat di "An Orison of Sonmi~451" (2144) dan pada "Sloosha's Crossin' an' Ev'rythin' After" (2321). Cerita Luisa akan muncul sebagai sebuah buku untuk penerbitan tahun 2012 pada cerita Cavendish.

"The Ghastly Ordeal of Timothy Cavendish" (2012)

Cast: Tom Hanks, Halle Berry, Jim Broadbent, Hugo Weaving, Jim Sturgess, Ben Whishaw, James D'Arcy, Susan Sarandon, Hugh Grant

Inggris, 2012. Timothy Cavendish, seorang penerbit berusia 65 tahun, memiliki rejeki berlimpah ketika Dermott Hoggins, penulis gangster yang bukunya telah ia diterbitkan, membunuh seorang kritikus dan dikirim ke penjara. Ketika rekan penulis mengancam kehidupan Cavendish untuk mendapatkan bagiannya dari keuntungan tersebut, Cavendish meminta bantuan pada saudaranya, Denholme. Denholme menjebak Cvanedish untuk bersembunyi di sebuah panti jompo, di mana ia diperlakukan buruk oleh suster Noakes Nurse. Danpada akhirnya Cavendish dan beberapa rekan dari panti jompo tersebut berhasil lolos.

Connection: Cavendish memiliki tanda lahir komet. Salah satu cerita yang ia kerjakan adalah kisah Luisa Rey. Kisahnya dipandang sebagai video lucu di sebuah monitor pada cerita New Seoul.

"An Orison of Sonmi~451" (2144)

Cast: Tom Hanks, Halle Berry, Jim Broadbent, Hugo Weaving, Jim Sturgess, Doona Bae, James D'Arcy, Zhou Xun, Keith David, Susan Sarandon, Hugh Grant

Neo Seoul, (Korea), 2.144. Sonmi-451 adalah sebuah rekayasa genetik Fabricant (clone) dari sebuah server di sebuah restoran cepat saji, yang diwawancarai sebelum dieksekusi. Dia menceritakan bagaimana dia dibebaskan dari kehidupannya dengan Hae-Joo Chang, seorang anggota Perlawanan lokal, dan pemberontak lainnya. Mereka mengungkapkan kepadanya bahwa fabricants seperti dia adalah sebuah "daur ulang"  untuk fabricants masa depan, dan dapat menahan serangan bersenjata brutal saat ia menyiarkan informasi ini ke dunia sebelum penangkapannya.

Connection: Somni-451 melihat sebuah film petualangan Cavendish (di sini Tom Hanks berperan sebagai Cavendish,  bukan Jim Broadbent), kita melihat tanda lahir komet, mendengar musik Sextet dan sebuah kubat utama muncul dalam cerita Luisa dan cerita post apocalypse.

"Sloosha's Crossin' an' Ev'rythin' After" (2321)

Cast: Tom Hanks, Halle Berry, Jim Broadbent, Hugo Weaving, Jim Sturgess, Ben Whishaw, Zhou Xun, Keith David, David Gyasi, Susan Sarandon, Hugh Grant

Kepulauan Hawaii pada pasca-apokaliptik Bumi (2.321), seorang anggota suku bernama Zachry menjalani kehidupan primitif setelah sebagian besar umat manusia telah meninggal selama" The Fall "dan diganggu oleh visinya yakni persepsi orang tentang setan, "Georgie Old" karakter yang muncul menjadi semacam entitas asing yang ada dalam pikiran Zachry. Setelah kakak ipar Zachry dibunuh oleh Kepala Kanibal, Kona, Georgie hadir dalam penglihatan Zachry untuk memanipulasi dia untuk menyerah pada rasa takutnya. Sampai suatu saat Zachry dikunjungi oleh Meronym, anggota dari "Prescients", sisa-sisa terakhir dari peradaban teknologi canggih. Lalu Meronym menyelamatkan keponakan muda Zachry dari gigitan berbisa, yang membuat Zachry setuju untuk membimbing Meronym ke pegunungan untuk mencari Cloud Atlas, sebuah stasiun pos di mana dia mampu mengirim pesan ke orang-orang yang telah meninggalkan bumi dan sekarang tinggal di planet lain. Setelah kembali, Zachry menemukan sebuah pembantaian sukunya di desa tempat tinggalnya di tangan Kona. Dan setelah membunuh Kepala Kona, Zachry dan keponakannya dikejar oleh sejumlah suku ke dalam hutan yang kemudian bersama Meronym membunuh suku yang tersisa. Zachry dan keponakannya bergabung Meronym dan Prescients dalam perjalanan ke dunia baru.

Connection: Zachry memiliki tanda lahir. Desa ini dibangun di atas sisa-sisa New Seoul.  Zachry dan Meronym menemukan video yang dibuat dibuat oleh Somni-451 yang menceritakan kisahnya. Kanibalisme juga pertama kali diperkenalkan dalam cerita New Seoul, namun lebih diperluas sebagai isu dalam periode ini. Musik Sextet muncul kembali sebagai nyanyian.


~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful