Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Rabu, 03 Oktober 2012

Review: Taken 2 ~ Not as Good as the First One. But Liam Neeson still Got It!



Genre: Action, Crime, Drama
Directed By: Olivier Megaton
Produced By: Luc Besson
Starring: Liam Neeson, Maggie Grace, Famke Janssen, Rade Sherbedgia
Distributed By: 20th Century Fox
Produced By: EuropaCorp
Running Time: 91 Minutes
MPAA Rating: PG-13 for intense sequences of violence and action, and some sensuality

Synopsis

Bryan Willis (Liam Neeson) harus kembali menghadapi teror yang menimpa dirinya dan juga keluarganya. Bersama Lenore (Famke Janssen) istrinya dan juga anak satu-satunya, Kim (Maggie Grace), mereka berlibur ke Istanbul, Turki. Murad bersama para muridnya mengejar Bryan dan keluarganya ke Istanbul untuk balas dendam atas apa yang telah diperbuat oleh Bryan pada film pertamanya, yaitu membunuh anaknya di kursi listrik. Tidak hanya itu, Murad juga menjanjikan balas dendam untuk semua orang yang telah dibunuh oleh Bryan kepada keluarga dari para korban masing-masing. Dan sekali lagi, Bryan harus menghadapi teror yang menyerang dirinya dan keluarganya.

Review

Seharusnya opening scene pada film Taken 2 ini dijadikan sebagai ending atau mungkin secret ending dari film Taken yang pertama. Dan mungkin ini akan membuat animo penonton lebih besar menantikan film keduanya dan juga tidak terkesan dipaksakan untuk dilanjutkan walau pun memang dari segi jalan cerita yang ditampilkan memang cukup bagus dan aroma balas dendam yang ada sangat pas dimasukkan pada film kedua ini. Tapi sekali lagi, Taken 2 akan mendapat pandangan berbeda apabila adegan pembukanya ditampilkan sebagai ending pada film pertama. Anyway, it's just my opinion guys :D

Jalan ceritanya bagus dan memang pas untuk dijadikan sebuah sekuel. Tapi mungkin kekurangannya adalah durasi dan alur cerita. Durasi yang hanya 91 menit terasa cepat sekali untuk menonton film action seperti ini. Alur cerita cukup baik sebenarnya tapi tidak sebagus film pertamanya. Hal ini mungkin dikarenakan durasi film yang terlalu cepat untuk ukuran film action seperti ini. Walau tidak lebih bagus dari film pertamanya, Taken 2 masih menarik dan seru untuk dinikmati.


Untuk adegan action sendiri boleh dibilang cukup menawan walau lagi-lagi, film pertamanya masih lebih unggul. Di film kedua ini akting Liam Neeson tetap mendapat tempat tersendiri. Kharisma yang ditampilkan sebagai seorang Bryan masih melakat dengan baik pada dirinya. Setiap adegan action yang dilakoninya seakan seperti melihat seorang jagoan tanpa ada rasa takut dan siap mati di arena tempur. Maggie Grace yang terlihat kalem di film pertama, tampil sangat berani pada film ini. Kim yang diperankan Maggie melakoni beberapa adegan action terutama pada adegan kejar-kejaran mobil. Maggie tampil cukup baik yang setidaknya bisa membiarkan Liam beristirahat sebentar (Faktor 'U' hehe...).

Salah satu faktor yang ingin dilihat para penonton dari film action tentunya adalah sang penjahat. Kalau saya boleh deskripsikan dengan satu kata singkat tentang penjahat di Taken 2 ini, 'NATO' (Not Action Talk only). Ya, itulah yang bisa saya gambarkan. Entah mungkin karena musuhnya terlalu lemah atau mungkin Liam Neeson yang terlalu jago atau bahkan semakin jago (makin tua makin jadi :P). Para penjahat di film kedua ini terlihat hanya mengancam pada awal-awal film dan ketika Bryan muncul semuanya terasa seperti memainkan game God Of War di mana kali ini Bryan berperan sebagai peran utama pengganti Kratos. Kalau dibandingkan dengan film pertama, konflik dan para penjahatnya masih jauh lebih unggul pada film Taken yang pertama.

Tapi secara keseluruhan saya suka dengan film keduanya ini. Apalagi taktik yang digunakan oleh Bryan ketika mengajarkan taktiknya kepada Kim itu benar-benar di luar dugaan. Jenius walau saya masih berpikir apa memang benar bisa seperti ini.  Dan kalau mau dibandingkan seberapa jago Liam Neeson, simak dialog berikut ;)

Pada film pertama Taken, Bryan mengatakan,

Bryan: I don't know who you are. I don't know what you want. If you are looking for ransom, I can tell you I don't have money. But what I do have are a very particular set of skills; skills I have acquired over a very long career. Skills that make me a nightmare for people like you. If you let my daughter go now, that'll be the end of it. I will not look for you, I will not pursue you. But if you don't, I will look for you, I will find you, and I will kill you.

Dan pada film keduanya ini, Bryan mengatakan,

Kim: What are you gonna do? 
Bryan Mills: What I do best. 


Rating
Cerita: 7/10
Pemain: 7/10
Ending: 6/10
Overall: 7/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful