Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Selasa, 09 Oktober 2012

Review: Looper ~ 2012 is the Year of JGL!



Genre: Action, Sci-Fi, Thriller
Directed By: Rian Johnson
Starring: Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, Emily Blunt, Paul Dano, Noah Segan, Jeff Daniels
Distributed By: TriStar Pictures
Produced By: Endgame Entertainment
MPAA Rating: R for strong violence, language, some sexuality/nudity and drug use
Running Time: 118 Minutes

Synopsis

Pada tahun 2072 ketika para Mob ingin menyingkirkan seseorang yang dianggap berbahaya, maka orang tersebut akan dikirim pada masa 30 tahun sebelumnya di mana seorang penembak yang telah disewa atau disebut Looper, telah menunggu untuk melaksanakan tugasnya. Joe (Joseph Gordon-Levitt) adalah seorang pembunuh bayaran yang bekerja untuk sebuah organisasi kriminal bernama Looper, dimana tugasnya adalah membunuh para penjahat yang dikirim dari masa depan. Hingga pada suatu ketika ia mengetahui kalau target berikutnya adalah dirinya sendiri dari masa depan (Bruce Willis), yang memberikan perlawanan keras untuk bertahan hidup dan berusaha merubah sejarah.

Review

Kalau saya boleh katakan, Looper adalah salah satu film terbaik di tahun 2012 ini. Bahkan harus saya akui jalan cerita Looper lebih unggul ketimbang film-film Box Office tahun ini yang berbujet besar seperti Amazing Spider-Man, MIB III dan Avengers. Rian Johnson sebelumnya pernah bekerja sama dengan JGL pada film Brick tahun 2005 yang cukup mendapatkan apresiasi atas filmnya tersebut. Kini keduanya kembali lewat film Looper.


Jujur sebelum menonton film ini, saya merasa jalan cerita Looper menarik sekaligus unik tanpa ada sisi dari cerita yang perlu dikhawatirkan. Tapi nyatanya 30 menit pertama ternyata film berjalan agak berat dan cukup kompleks. Alur cerita mungkin akan terasa sedikit aneh dan datar dan mungkin menimbulkan tanda tanya apa yang sebenarnya coba dijabarkan dari film Looper berkaitan dengan sinopsisnya. Tapi setelah 30 menit pertama lewat di mana pada adegan pertemuan pertama antara Joe (JGL) dan Old Joe (Bruce Willis) barulah saya mengerti dan benar-benar jelas akan jalan cerita dari Looper yang ternyata bagus dan cukup seru untuk diikuti sampai akhir. Adegan action sendiri tidak terlalu menononjol dalam film ini. Tapi hal tersebut berhasil ditutupi dengan alur cerita yang bagus dan unik. Film akan mencampurkan unsur drama dengan hubungan antar karakter di dalamnya yang cukup baik dan kreatif untuk dibangun. Dialog-dialog yang ada juga cukup mendukung dan mengundang tensi pada beberapa adegan tertentu. 


Untuk peran para pemain, JGL memang patut mendapat acungan jempol. 2012 adalah tahunnya JGL. The Dark Knight Rises, Premium Rush dan Looper adalah bukti bahwa dirinya patut diperhitungkan pada tahun-tahun mendatang. Di poster terpampang nama JGL dan nama besar Bruce Willis. Tapi JGL benar-benar memanfaatkan porsi besar dan maksimalnya dalam film ini. Bruce Willis tampil cukup baik bersama Emily Blunt, tapi peran mereka tidak dapat menutupi dominasi JGL sebegai Joe muda dalam film ini.

Secara keseluruhan Looper adalah film yang menarik dan unik dalam penjabaran jalan cerita. Sederhana dalam penulisan di sinopsis tapi berakar dalam 118 menit film berlangsung. Ending yang ditampilkan dalam film ini mungkin beberapa penonton sudah bisa menebak tapi bagaimana proses film ini berakhir menjadi nilai tambah sendiri bagi Rian Johnson yang berhasil mengelabui para penonton akan tebakan ending yang sudah ada di benak kepala kita. Well Done!

Rating
Cerita: 8/10
Pemain: 8/10
Ending: 8/10
Overall: 8/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful