Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Jumat, 19 Oktober 2012

Review: End of Watch ~ True Meaning of a Police



Genre: Crime, Documentary, Drama
Directed By: David Ayer
Starring: Jake Gyllenhaal, Michael Pena, Anna Kendrick, Natalie Martinez, David Harbour
Distributed By: Open Road Films
Produced By: Crave Films
MPAA Rating: R for strong violence, some disturbing images, pervasive language including sexual references, and some drug use.
Running Times: 109 Mintues

Synopsis

End of Watch adalah film semi dokumenter yang berkisah tentang dua orang polisi muda dari Los Angeles, Brian Taylor (Jake Gyllenhaal) dan Mike Zavala (Michael Pena) yang selalu bertugas dan berpatroli di jalanan di bagian selatan Los Angeles. Perjuangan mereka dalam menegakkan hukum dan memberantas tindak kejahatan dan kriminal seperti pencurian, kekerasan, dan bahkan berseteru dengan geng-geng kriminal mencerminkan arti dari seorang polisi yang sesungguhnya yang selalu siap mengawasi masyarakat dan siap mengorbankan dirinya demi kepentingan dan keselamatan para penduduk.

Review

"Terima kasih, Pak Polisi."

Saya benar-benar berharap kalau suatu saat kata-kata itu akan terucap dari mulut saya sendiri. Tapi tidak sekarang. End of Watch dirilis di Indonesia dengan waktu yang sangat tepat. Di saat hukum negeri ini sudah bisa dipermainkan dan bahkan diperjualbelikan, rakyatlah yang menjadi korbannya. Kasus narkoba dan korupsi bisa dipermainkan hingga memungkinkan bagi para pelaku untuk terus melakukannya karena hukum negeri ini sudah ibarat kata pakaian yang dijual di toko-toko dan bisa ditawar.

End of Watch menggambarkan sosok dan arti sesungguhnya seorang polisi sebagai pengaman, pengawas dan penegak hukum. Di awal film Brian Taylor (Jake Gyllenhaal) mengucapkan kalimat yang benar-benar sudah bisa menggambarkan seluruh isi film.


"Jika kamu berlari, kami akan mengejar. Jika kamu melawan, kami akan melawan. 
Jika kamu menembak ke arah kami, kami akan menembak balik. 
Semua itu karena hukum. Kami tidak tahu siapa yang membuatnya. 
Tapi kami akan menegakkannya di sini. 
Karena kami adalah pengawas kalian yang siap berkorban untuk kalian."

Sudah seharusnya negeri ini berkaca pada apa yang sudah diperbuat oleh penegak-penegak hukum dan oknum-oknum yang berkait dengan hukum yang ada. Film ini bukan saja ditujukan untuk para polisi, tapi untuk para penegak hukum dan keadilan serta kita semua sebagai rakyat. Jika saja para polisi dan penegak hukum bisa seperti dua orang polisi Taylor dan Zavana, maka kami sebagai rakyat tidak akan lari dari hukum, kami akan menegakkannya dan melaksanakannya. Jake dan Michael berhasil memerankan sosok polisi yang seharusnya ada dimana-mana. Banyak sekali polisi yang terlalu lemah terhadap sogokan-sogokan sehingga hukum pun akhirnya dilupakan begitu saja.


Cukup sekian dari saya, saya harap film ini dapat merubah pandangan kita semua terhadap hukum. Hukum bukanlah seperti pakaian yang bisa ditawar. Kita memang tidak tahu siapa yang membuatnya, tapi jika kita menegakkan hukum, negeri ini tidak akan berhadapan dengan situasi yang ada sekarang ini.

Rating
Cerita: 8/10
Pemain: 7/10
Ending: 7/10
Overall: 7/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful