Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Minggu, 24 Februari 2013

Review: Argo ~ Real Tense Movie Ever!



Genre: Drama, History, Thriller
Directed by: Ben Affleck
Starring: Ben Affleck, Alan Arkin, John Goodman, Bryan Cranston, Scott McNairy, Kyle Chandler
Studio: Warner Bros. Pictures
Running time: 120 Minutes
Rating: R for language and some violent images

Synopsis

Berdasarkan kisah nyata, Argo adalah sebuah operasi rahasia yang dilakukan CIA untuk menyelamatkan enam orang Amerika, di mana kebenaran tidak diketahui oleh publik selama beberapa dekade. Pada tanggal 4 November 1979, revolusi Iran mencapai puncaknya, warga Iran mengepung kedutaan besar AS di Teheran, menyandera 52 warga Amerika. Namun di tengah-tengah kekacauan tersebut, enam orang Amerika berhasil lolos dan menyelinap pergi dan mencari perlindungan di rumah duta besar Kanada. Mengetahui hal ini yang hanya menghitung masalah waktu sebelum enam orang itu ditemukan dan kemungkinan terbesarnya tewas, spesialis dari CIA bernama Tony Mendez (Ben Affleck) muncul dengan rencana yang sangat berisiko untuk membebaskan enam orang tersebut dengan aman kembali ke Amerika. Sebuah rencana yang luar biasa, dan hanya bisa terjadi di film-film. 

Review

Argo adalah film unggulan pada ajang Academy Awards untuk meraih nominasi Best Picture tahun ini setelah film ini memenangkannya pada ajang Golden Globes Januari lalu. Dan harus saya akui Argo adalah film terbaik pada tahun 2012 mengalahkan semua film-film unggulan pada tahun 2012 lalu.


Cerita Argo yang berdasarkan persitiwa nyata sungguh menarik untuk disimak. Mungkin pertanyaan yang muncul adalah apakah Tony (Ben Affleck) akan berhasil membebaskan keenam orang Amerika yang tertahan di Iran dengan selamat sampai tujuan? Satu jam pertama film kita akan diajak melalui proses lika-liku yang akan cukup menyita waktu dan otak kita untuk berpikir seberapa beresikonya misi 'Argo' ini untuk dijalankan. Satu jam pertama boleh dibilang adalah pendahuluan dan persiapan untuk memulai rencana yang sudah ditetapkan secara matang-matang. Tepat setelah Tony Mendez tiba di Iran barulah tensi film ini meningkat. Dan pada saat adegan Tony beserta enam orang Amerika di Airport adalah adegan terbaik dan menegangkan pada film ini. Saya belum pernah merasa setegang ini ketika menonton film. Argo memberikan sesuatu yang berbeda. Seakan pandangan tidak bisa dialihkan dari film ini.


Para pemain sendiri menurut saya tampil cukup baik, terutama Alan Arkin sebagai aktor pendukung walau porsinya tidak sebanyak Ben, tapi perannya sebagai Lester sangat baik dimainkannya. Sementara untuk Ben sendiri tampil cukup baik meski saya melihat masih terlalu datar mimiki muka pada setiap adegan. Tapi nilai plus patut diberikan pada Ben Affleck selaku Sutradara dan Produser film ini. Bravo!

Secara keseluruhan, Argo adalah film terbaik yang dirilis pada tahun 2012. Argo adalah satu-satunya film yang berhasil membuat saya tidak merasa nyaman di kursi sebelum film ini selesai. Selalu terpikir oleh saya ketika menonton apakah mereka berhasil lolos atau tidak? Oscar hanya tinggal menghitung waktu bagi Argo. Congratulations! Recommended for all of you, people! 

Rating
Cerita: 9/10
Pemain: 8/10
Ending: 9/10
Overall: 9/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful