Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Kamis, 18 Oktober 2012

Review: Rock Of Ages ~ When Rock Music Makes Me Bored



Genre: Comedy, Drama, Musical
Directed By: Adam Shankman
Starring: Julianne Hough, Diego Boneta, Russell Brand, Paul Giamatti, Catherine Zeta-Jones, Malin Akerman, Mary J. Blige, Alec Baldwin, Tom Cruise
Distributed By: Warner Bros. Pictures
Produced By: Maguire Entertainment
MPAA Rating: PG-13 for sexual content, suggestive dancing, some heavy drinking, and language
Running Times: 125 Minutes (Theatrical Version) / 136 Minutes (Extended Version)

Synopsis

Sherrie (Julianne Hough) adalah seorang perempuan yang berasal dari daerah kecil di Oklahoma, berkelana ke Los Angeles untuk mewujudkan mimpinya sebagai seorang penyanyi. Bertemu dengan Drew (Diego Boneta) adalah awal mula kisahnya untuk menjadi seorang penyanyi. Mulai dairi pertemanan, persahabatan hingga jalinan cinta di antara mereka berdua yang nantinya akan mewujudkan mimpi mereka yang sama, yakni sebagai berdiri di atas panggung sebagai seorang penyanyi.

Review

Jalan cerita pada film-film musikal seperti Mamma Mia!, High School Musical, Fame dan Burlesque sudah dapat diprediksi hanya dengan membaca sinopsisnya saja. Terkecuali untuk film musikal seperti Sound of Music dan Phantom of the Opera yang memang benar-benar memanjakan para penonton lebih dari sekedar cerita dan musik di dalamnya. Rock of Ages adalah film drama musikal yang dibintangi sederetan bintang ternama seperti Tom Cruise dan Mary J. Blige yang kali ini mengambil aliran musik Rock dalam alur ceritanya (beberapa film biasa menampilkan musi blues, jazz, R&B dan pop). Benar saja alur cerita Rock of Ages mudah ditebak dan boleh saya katakan cukup membosankan. Hanya ada beberapa adegan musikal yang memang menaikkan semangat menonton tapi sisanya membosankan. Film musikal yang mengambil latar musik Rock harusnya bisa 'membakar' semangat penonton ketika menyaksikannya. Tapi hal ini tidak dapat kita rasakan pada film ini.


Lagu-lagu yang ada memang hampir dari banyak penonton mungkin mengenalinya karena cukup terkenal, seperti More Than Words, I Love Rock 'n Roll dan masih banyak lagi. Tapi lagu-lagu tersebut tidak dipadukan dengan alur cerita dan situasi yang pas yang ada pada film. Latar penari dan unsur-unsur yang ada ketika adegan musikal berlangsung juga tidak terlalu menyatu dengan keadaan yang seharusnya. Tapi untungnya lagu-lagu rock yang dibawakan sedikit dapat menghibur kita.


Para pemain yang tampil di sini juga tidak terlalu maksimal. Hanya saja untuk Julianne Hough yang berperan sebagai Sherrie tampil cukup menawan dengan aksi-aksi panggung dan nyanyiannya. Tom Cruise yang berperan sebagai Stacee Jaxx benar-benar menghilangkan kharisma sosok dirinya yang sudah digambarkan oleh banyak penonton sebagai pemain film action seperti perannya sebagai Ethan Hunt dalam film Mission: Impossible. Tom berperan sebagai penyanyi Rock yang sudah terkenal dan melegenda di sini. Tapi sayang perannya tersebut menurut saya malah menjatuhkan citranya sebagai sosok Tom Cruise yang nekat dan pemberani. Sedang peran pemain lainnya seperti Alec Baldwin, Paul Giamatti, Russell Brand dan Catherine Zeta-Jones tampil kurang baik pada film ini dan terkesan hanya mendukung seadanya saja. Khusus untuk Alec Baldwin dan Russell Brand, terdapat adegan musikal di mana keduanya terlibat dan adegan tersebut sangat ingin segera dilupakan atau lebih baik dihapus saja dari film.

Secara keseluruhan Rock of Ages sebenarnya mencoba membawa alur musik Rock ke dalam film. Tapi sepertinya hal itu kurang berhasil diramu oleh Adam Shankman. Ada baiknya jika para sutradara ingin membuat film musikal melihat kembali kesuksesan film-film musikal seperti Sound of Music dan The Phantom of the Opera.

NOTE: Film musikal lainnya yang akan tayang tahun ini Les Miserables akan diperankan oleh Anne Hathaway, Amanda Seyfried, Hugh Jackman dan Russel Crowe. Keyakinan penuh para penonton kalau film ini akan masuk nominasi Oscar tahun depan, membuat saya yakin kalau ini adalah obat penyembuh dari beberapa film musikal yang ada beberapa tahun ini.

Rating
Cerita: 5/10
Pemain: 4/10 (For Julianne Hough: 7/10)
Musik: 7/10
Koreografi: 5/10
Ending: 5/10
Overall: 5/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful