Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Jumat, 03 Februari 2012

Review: Chronicle ~ I AM THE WORLD!



Genre: Action, Drama, Sci-Fi, Semi-Documenter
Director: Josh Trank
Cast: Dane DeHaan, Alex Russell, Michael B. Jordan
Durasi: 83 Min

Sinopsis:

Tiga orang sahabat, Andrew, Steve dan Matt menemukan sebuah lubang yang terdapat di belakang tempat mereka sedang berpesta. Terdapat sebuah batu krystal besar di dalamnya yang membuat mereka terpukau hingga jatuh pingsan. Keesokan harinya sesuatu terjadi pada diri mereka yang tidak pernah mereka duga sebelumnya. Sepertinya darah superhero kini telah hadir dalam diri mereka. Sayangnya kekuatan spesial yang mereka miliki harus dibayar mahal dengan sisi gelap yang timbul pada diri mereka.

Review:


Ok, gua akan membagi film ini menjadi 5 bagian dari jalan cerita yang alurnya benar-benar terus meningkat hingga film berakhir.

Bagian ke-1 ~ Prologue: Andrew, you sucks!


Bagian pertama menceritakan sosok seorang Andrew, bagaimana kehidupan dia sehari-hari bersama keluarga dan teman-temannya yang selalu menyingkirkan dia, baik itu pria maupun para wanita. Tapi ada Matt, yang tidak lain adalah sepupunya sendiri sekaligus sahabat dekat yang selalu ada di sampingnya.
Alur cerita terasa sangat rendah di bagian pertama film ini. Tapi bagian inilah yang akan melecutkan emosi kita pada pertengahan film. Rasa kasihan pada Andrew pasti terlihat pada bagian pertama ini.

Bagian ke-2 ~ Guys, Check It Out!


Bagian kedua di mana Andrew bersama kedua sahabatnya, Matt dan Steve, menemukan sebuah lubang besar di belakang tempat mereka sedang berpesta. Rasa penasaran mereka akan lubang membuat kita ikut terjun ke dalam lubang di mana yang menjadi inti dari film ini.
Di sinilah awal mula film baru akan dimulai, tentang bagaimana mereka mendapat kekuatan yang super tersebut.

Bagian ke-3 ~ Three Avengers, Assemble!


Bagian ketiga akhirnya masuk pada inti dari film Chronicle ini sendiri. Alur cerita mulai memanas dan cukup menghibur pada bagian ini. Kita akan diajak melihat bagaimana ketiga sahabat ini melakukan tindakan-tindakan yang di luar akan manusia. Fly and moving objects adalah beberapa di antaranya. Dan sepertinya trailer yang telah kita lihat sebelumnya memang cukup menjanjikan dan akhirnya dapat memberikan lebih dari apa yang kita harapkan. 

Bagian ke-4 ~ The Dark Side!


Di sinilah kita akan mengetahui siapa peran utama sekaligus siapa tokoh antagonis dalam film ini. Alur cerita benar-benar naik cukup tajam pada bagian ini. Ketiga sahabat ini mulai dirasuki sisi gelap mereka masing-masing untuk menampilkan kekuatan mereka di depan umum. Hasilnya justru bukan mendapat perhatian positif dari publik melainkan pengorbanan terhadap mereka yang tidak bersalah. Ego dan keinginan untuk menjadi seorang yang hebat adalah sifat dasar manusia yang selalu melekat pada sisi gelap manusia. Hal itu dapat kita lihat pada film ini.

Bagian ke-5 ~ Me vs. The World! - PUSH + CLOVERFIELD


Film akhirnya mencapai puncak klimaksnya. Alur cerita benar-benar memuncak. Kekuatan yang ada pada diri mereka sudah tidak lagi terkontrol. Keinginan untuk menguasai dunia seakan hanya semudah membalikkan telapak tangan. Bukannya terlalu berlebihan dalam memberikan ekspetasi yang tinggi pada bagian ini, tapi pada kenyataannya justru klimaks film ini yang memang patut mendapat apresiasi tinggi. Mau tahu seperti apa? Tonton filmnya! :D

Dari segi akting para pemain boleh dibilang masih biasa-biasa saja, tapi untungnya didukung dengan alur cerita yang cukup membangun.
Overall, Chronicle menyajikan sesuatu yang baru bagi kita. Pesan yang bisa gua ambil dalam film ini yaitu
"Janganlah menjadi orang dengan ego yang tinggi dan selalu berpendapat bahwa kitalah yang paling kuat dan harus diikuti, karena hal itu akan bukan hanya membawa pengaruh buruk bagi kita, tapi juga orang-orang di sekitar kita, termasuk orang-orang terdekat kita."


Rating:
Cerita: 7/10
Pemain: 6/10
Ending: 6/10
Overall: 6/10

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful