Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Sabtu, 24 November 2012

Review: ParaNorman ~ When Animation goes too 'Creepy'



Genre: Animation, Adventure, Comedy
Directed by: Sam Fell, Chris Butler
Starring: Kodi Smit-McPhee, Tucker Albrizzi, Anna Kendrick, Casey Affleck, Christopher Mintz-Plasse, Leslie Mann, Jeff Garlin, Elaine Stritch, Bernard Hill, Jodelle Ferland, John Goodman, Alex Borstein
Studio/Distributor: Focus Features
Running Time: 93 minutes
MPAA Rating: PG for scary action and images, thematic elements, some rude humor and language

Synopsis

Dalam Film ParaNorman, sebuah kota kecil dikepung oleh para zombie. Seorang anak laki-laki bernama Norman (Kodi Smit-McPhee) mampu berbicara dengan arwah orang yang sudah meninggal dan sadar kalau dirinya adalah satu-satunya orang yang dapat mengembalikan para zombie tersebut tidur kembali. Tapi ternyata ada permasalahan yang lebih sulit lagi dibanding mengembalikan para zombie tersebut kembali tidur.

Review

ParaNorman adalah salah satu film animasi yang diusung oleh Focus Features untuk memeriahkan Halloween tahun ini. Sebelumnya ada Hotel Transylvania dan Frankenweenie yang sama-sama bertemakan Horror-Mystery. Cerita ParaNorman cukup menarik hanya saja mungkin menurut saya filmnya terlalu 'menyeramkan' untuk ditonton oleh anak-anak di bawah umur.


Jalan cerita ParaNorman sebenarnya tidak asing dan sudah banyak terdapat pada film-film horror lainnya di luar animasi hanya saja ParaNorman lebih bersifat komedi. Alur ceritanya bagus dan cukup enak untuk dinikmati. Mungkin hanya saja 10-15 menit awal film agak lamban menjabarkan alur ceritanya. Dan yang menjadi poin penting dari alur cerita yang berjalan adalah ParaNorman terlalu 'Horror' bagi anak-anak. Karena itulah mungkin rated yang diletakkan pada film ini PG. Tapi walau begitu tetap saja menurut saya beberapa adegan yang ditampilkan akan tampak menyeramkan untuk dilihat oleh anak-anak.


Mengandalkan pola pengambilan gambar seperti pada film Coraline adalah cara yang jitu dan berhasil untuk mengembangkan sebuah film animasi. Karena selain kreatif yang merupakan nilai tambah, ide-ide yang berkembang tentu akan semakin banyak dan semakin bagus. Inilah yang menjadi kunci sukses ParaNorman. Kesabaran dalam mengembangkan film seperti ini membuahkan hasil yang manis bagi pasangan sutradara Sam Fell dan Chris Butler.


Dari segi grafis dan suara juga cukup baik. Begitu juga dengan para pengisi suara yang cukup pas pada posisi mereka masing-masing. Hanya saja mungkin menurut saya ParaNorman akan sulit untuk menyaingi film-film animasi seperi Brave dan Wreck-It Ralph pada ajang penghargaan film. Belum lagi ada film animasi tutup tahun Rise of the Guardians yang menuai pujian dari para kritikus. Tapi secara keseluruhan ParaNorman cukup bagus untuk dinikmati meski masih terlihat terlalu 'horror'.

Rating
Cerita: 7/10
Pengisi Suara: 7/10
Grafis: 8/10
Ending: 8/10
Overall: 7.5/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful