Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Minggu, 18 November 2012

Review: The Campaign ~ A Leader isn't a Leader until He finds what 'A Mess' means



Genre: Comedy
Directed by: Jay Roach
Starring: Will Ferrell, Zach Galifianakis, Dylan McDermott, Jason Sudeikis, John Lithgow, Katherine LaNasa
Studio/Distributor: Warner Bros. Pictures
Running Time: 97 minutes
MPAA Rating: R for crude sexual content, language and brief nudity.

Synopsis

Cam Brady (Will Ferrell) adalah seorang kongres jangka panjang yang melakukan kejanggalan publik sebelum pemilu yang akan datang dilaksanakan yakni berupa meraih keuntungan yang besar selama memimpin North Carolina. Marty Huggins (Zach Galifianakis) adalah seorang direktur pusat pariwisata setempat yang secara tiba-tiba dipromosikan untuk melakukan kampanye dalam pencalonannya sebagai orang nomor satu di North Carolina sekaligus terjun ke dunia politik. Marty menjadi pilihan yang tak terduga dan mustahil untuk merebut suara rakyat apalagi memenangkan pemilu. Tapi taktik jitu dari tim kampanye yang mendukung Marty membuat dirinya menjadi lebih percaya diri dalam pemilu yang akan datang. Kritik, cercaan, hinaan dan pertarungan panas dilakukan oleh Cam dan Marty dalam usahanya merebut suara rakyat meski harus berjuang dalam tempo tinggi hingga detik-detik menjelang pemilihan.

Review

Film The Campaign dibuat dalam rangka menyambut pemilihan umum di Amerika Serikat dalam menentukan orang nomor satu di negeri Paman Sam tersebut. Dua calon yang saling serang dan kritik adalah penggambaran yang sudah biasa kita lihat dalam setiap pemilu di negara mana pun termasuk Amerika sendiri. The Campaign ternyata menggambarkan sisi buruk dan baik dalam kampanye yang dilakukan oleh seorang calom pemimpin dalam usahanya merebut hati rakyat.


Jalan ceritanya sederhana namun itulah yang sebenarnya terjadi pada sebuah pemilu di hampir seluruh negara di dunia ini. Seorang calon yang mendapat dukungan mayoritas publik yang biasanya adalah unggulan teratas dapat berubah 180" karakteristiknya ketika mendapatkan lawan yang tidak masuk hitungan namun memiliki tim kampanye yang siap melawan 24/7. Hal ini dapat kita lihat pada sosok Cam Brady yang diperankan oleh Will Ferrell dengan keyakinan penuh dirinya akan memenangkan pemilu namun dengan sekejap harus mendapat perlawanan hebat yang tak terduga dari lawannya yang hanya seorang direktur pariwisata, Marty Huggins yang diperankan oleh Zach Galifianakis. Marty Huggins adalah penggambaran sosok seorang pemimpin yang diimpikan oleh rakyatnya, yakni turun langsung ke jalan-jalan mendengarkan suara rakyat, bertemu langsung dengan rakyat dan siap melakukan yang terbaik untuk rakyat. Cam Brady adalah sosok pemimpin yang mungkin dapat kita lihat di negeri kita ini yang dapat kita gambarkan sebagai seseorang yang NATO (Not Action Talk Only). Sepertinya hal ini cukup untuk memberikan penggambaran yang jelas tentang sosok seorang Cam Brady.


Namun jalan cerita yang baik dari The Campaign ternyata terhitung kurang kompleks dan terlalu monoton. Ada beberapa adegan yang cukup emosional dan adegan komedi yang lucu namun jalannya alur cerita terhitung monoton. Di mana terdapat satu adegan yang cukup baik namun tiba-tiba kembali turun dan kembali berjalan datar sehingga terkesan seperti drama dengan dialog dan diiringi musik untuk tidur. Will Ferrell dan Zach Galifianakis berperan cukup baik walau tidak terlalu maksimal. Tapi dari semuanya itu The Campaign cukup baik dan lucu serta menyenangkan untuk disimak. Kita dapat melihat seperti apa sosok seorang pemimpin yang baik dan buruk. Semoga para pemimpin di negara kita dapat lebih mendengarkan suara rakyat daripada suara rupiah setiap harinya. 
Seandainya 5 dari 10 pemimpin kita adalah pencerminan Marty Huggins...

Rating
Cerita: 6/10
Pemain: 6/10
Ending: 6/10
Overall: 6/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful