Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Senin, 06 Agustus 2012

Review: Total Recall ~ Poor Story. Great Action. Result: Failed to RECALL



Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
Directed By: Len Wiseman
Starring: Collin Farrell, Kate Beckinsale, Jessica Biel, Bryan Cranston, Bill Nighy, Bokeem Woodbine, John Cho
Running Time: 118 Minutes (Uncut: 132 Minutes)
MPAA Rating: PG-13

Synopsis

Selamat Datang di Rekall, perusahaan yang dapat mengubah mimpi menjadi kenangan nyata, begitulah prinsip seharusnya. Bagi seorang pekerja pabrik bernama Douglas Quaid (Colin Farrell), meskipun dia punya istri yang cantik Lori (Kate Beckinsale) yang ia cintai, pikirannya untuk pergi terdengar seperti liburan yang sempurna dari kehidupan frustasinya untuk memenuhi kenangan nyata dengan mencoba kehidupan sebagai mata-mata super di perusahaan Rekall. Tapi ketika prosedur yang dilakukan tidak berjalan dengan semestinya, Quaid menjadi seorang buronan dengan pandangan tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Menemukan dirinya dalam pelarian dari polisi - dikendalikan oleh Kanselir Cohaagen (Bryan Cranston), pemimpin dunia bebas - tim Quaid dengan seorang pejuang pemberontak (Jessica Biel) berusaha untuk mencari kepala perlawanan bawah tanah (Bill Nighy) dan menghentikan Cohaagen. Garis antara fantasi dan kenyataan semakin kabur tidak jelas dan nasib banyak orang bergantung pada keseimbangan seorang Douglas Quaid dalam menemukan jati dirinya, cinta sejati, dan nasib yang sebenarnya.

Review

Pertama yang patut dipertanyakan adalah durasi film. Seharusnya film berdurasi selama 132 menit dan begitu tayang di layar lebar hanya berdurasi 118 menit. Bagi kalian yang sempat melihat-lihat di beberapa situs tentang film dan entertainment, sempat terpampang durasi Total Recall selama 132 menit. Tapi yang terjadi adalah film hanya berdurasi 118 menit dan hal itu benar-benar terasa ketika usai menonton. Karena ada beberapa adegan yang seperti tidak tuntas untuk dilaksanakan dan meninggalkan tanda tanya ketika berpindah ke adegan lain. Semoga saja dengan hadirnya DVD dan Blu-ray nanti yang versi Uncut, Total Recall bisa memperbaiki detil-detil ini.

Len Wiseman adalah sutradara yang dikenal lewat film Underworld yang menceritakan perseteruan antara Vampire dengan Lycan. Kini dirinya mencoba beralih dari dunia mistis ke dunia High Tech Sci-Fi. Sebagai langkah awal lewat film Total Recall, boleh dibilang Wiseman cukup sukses meramu film dengan adegan action yang memiliki porsi sangat banyak dan bahkan hampir keseluruhan film. Tapi kesuksesan ini tidak bisa dibandingkan dengan film Total Recall karya Paul Verhoeven tahun 1990.
Ya, Total Recall adalah film remake tahun 1990 karya Paul Verhoeven yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger, Sharon Stone dan Bokeem Woodbine. Karya Verhoeven memang terlihat jadul untuk ditonton masa kini, tapi tidak pada tahun 1990. Total Recall versi Paul boleh saya katakan lebih unggul dari segi jalan cerita dan pemilihan peran daripada Total Recall versi Wiseman tahun 2012.


Dari jalan cerita, versi Verhoeven terlihat lebih beragam dan selalu menyelesaikan setiap scene hingga titik habis. Tapi versi Wiseman selalu menampilkan koma pada setiap scene yang ada. Ada beberapa adegan yang seharusnya bisa dilanjutkan lebih jauh lagi. Mungkin hal ini nanti dapat kita lihat pada versi Uncut ketika DVD dan Blu-ray Total Recall muncul.

Dari segi para pemainnya, saya harus mengakui Collin Farrell sedikit lebih unggul daripada Arnold. Collin terlihat lebih energik dan lebih berani pada adegan-adegan Action. Tapi sekali lagi saya tekankan, Collin hanya sedikit lebih unggul (mungkin ini dikarenakan saya menonton versi tahun 1990 lebih dahulu). Untuk lawan main dari Douglas Quaid, yaitu Melina dan Lori, saya setuju jika versi Paul Verhoeven menang telak dalam hal ini. Pada versi Wiseman, Lori diperankan oleh Kate Beckinsale sementara Melina diperankan oleh Jessica Biel. Kate yang sudah dikenal lewat perannya sebagai Selene pada film Underworld, sepertinya masih sulit untuk dilupakan oleh para penonton. Melihat Kate bertarung pada film Total Recall, seperti seolah-olah sedang melihat Selene bertarung memberantas para Lycan. Dan pada saat Lori bertarung dengan Douglas, terlihat seperti seolah-olah Lori-lah yang merupakan peran utama film ini. Ya, kharisma Kate Beckinsale pada film-film action cukup besar dan boleh saya katakan kharisma seorang Collin Farrell selalu tertutup ketika adu akting dengan Kate Beckinsale. Sementara Jessica Biel terlihat hanya sebagai peran pendukung. Walau jelas perannya dalam film ini, tapi peran Jessica sebagai Melina terlihat disia-siakan Wiseman pada film ini. Sedang pada versi 1990, Lori dan Melina masing-masing diperankan oleh Sharon Stone dan Rachel Ticotin yang boleh saya katakan jauh lebih unggul daripada Kate dan Jessica.

Segi sound dan grafik versi Wiseman sangat jauh lebih unggul dan hal ini sudah jelas dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin pesat. 


Secara keseluruhan, Total Recall hanya saya beri nilai cukup, tapi seru. 90% film adalah action, action dan action. Ada tiga hal yang saya sukai pada film versi Wiseman tahun ini.
1. Adegan kejar-kejaran antara Kate Beckinsale (Lori) dengan Collin Farrell (Quaid) dan Jessica Biel (Melina) cukup menjanjikan dengan durasi selama 15 menit mulai dari berlarian dari atap ke atap hingga car chase.
2. Adegan di mana Doug mulai memainkan Rekall dan tertangkap oleh kepolisian setempat. Pengambilan kamera ketika Quaid melakukan adegan action bagus.
3. The woman with 3 'Little' things that made me 'sick' (you'll know when you watch it).

Rating:
Cerita: 5/10
Pemain: 6/10
Grafis: 7/10
Ending: 5/10
Overall: 6/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful