Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Kamis, 30 Agustus 2012

Review: The Bourne Legacy ~ When The Legacy Born [NOT] Bourne



Genre: Action, Adventure
Directed By: Tony Gilroy
Starring: Jeremy Renner, Rachel Weisz, Edward Norton, Scott Glenn
Distributed By: Universal Pictures
Produced By: Captivate Entertainment
Running Time: 135 minutes
MPAA Rating: PG-13 for violence and action sequences.

Synopsis

Seri keempat atau boleh dikatakan awal yang baru dari franchise Bourne diambil dari karya Robert Ludlum. Sebagai penulis dan sutradara Tony Gilroy menjelaskan, "Ini bukan reboot atau perombakan atau prequel yang menggantikan seorang Matt Damon. Tapi akan ada pahlawan baru, sebuah bab baru, ini adalah proyek yang berdiri sendiri." Jason Bourne tidak akan ditampilkan dalam film, Jeremy Renner akan bermain sebagai pembunuh terlatih dalam program yang sama seperti Bourne, sebagai Aaron Cross, yang hidup dan matinya ditentukan dari kejadian-kejadian di tiga film sebelumnya. Bersama dengan agen lainnya, Stephanie (Rachel Weisz), mereka harus menemukan jalan keluar dari jebakan agen CIA Byer (Edward Norton).

Review

Jujur harus saya katakan sampai film berakhir, saya hanya mengerti 50% dari keseluruhan film. Sebenarnya saya tidak berharap film Bourne kembali dilanjutkan karena trilogi pertamanya sudah menuai pujian dan kritik yang positif dari para penonton. Dan ketika Universal mengumumkan akan adanya Bourne Legacy, saya justru berpikir bahwa ini adalah langkan mundur bagi Universal karena Bourne Trilogy bagi saya sendiri sudah habis dan jika akan dibuat sekuel atau pun prekuelnya lagi, itu hanya ditujukan untuk meraup keuntungan semata dan juga tidak ingin franchise Bourne ditinggal penggemarnya.


Jalan ceritanya harus saya akui membuat banyak penonton bingung bukan kepalang di 60 menit pertama film. Sama sekali tidak ada penjelasan yang benar-benar clear bagaimana awal mula Aaron Cross bisa ikut masuk ke program yang dirancang. Para karakter yang muncul terus menerus secara bersamaan membuat penonton akan semakin bingung karena benar-benar tidak dijelaskan secara karakteristik mengenai peran-peran mereka. Contohnya seperti Dr. Martha Shearing yang diperankan Rachel Weisz. Banyak penonton, termasuk saya sendiri, mengganggap bahwa Martha-lah yang akan menjadi love interest dari Aaron nantinya. Tapi pandangan tersebut hanya sekilas lewat di depan mata saja karena bagi saya sosok Martha di satu jam pertama benar-benar buram, tidak ada deskripsi karakter yang jelas mengenai sosok Martha walau pada akhirnya penjelasan datang di akhir dan yang menurut saya dijelaskan secara sedikit terpaksa, yang mungkin karena alur film kurang berfokus para karakter Martha.


Sepanjang film sosok Aaron Cross yang diperankan Renner boleh saya katakan kurang mendapat porsi sebesar Jason Bourne yang diperankan Matt Damon. Renner kurang memiliki kapasitas untuk menggantikan Bourne. Seolah-olah para penonton mengharapkan akan munculnya seorang Jason Bourne padahal sudah tahu kalau hal itu tidak akan terjadi. Ya, harus saya katakan sosok Jason Bourne ternyata masih sangat sulit untuk ditinggalkan meski film sudah berganti para pemainnya.Satu hal yang patut diperhatikan bagi para penonton yang ingin menyaksikan film ini ada baiknya menonton dulu Trilogi Bourne yang diperankan Matt Damon, terutama film ketiga, Bourne Ultimatum, karena hubungan latar belakang dan peran karakter yang dulu akan muncul kembali dan berhubungan. Dam film Bourne Legacy diceritakan terjadi bersamaan dengan kejadian pada film Bourne Ultimatum. Di mana hubungannya? Nonton Bourne Trilogy lalu tonton Bourne Legacy.


Dari segi para pemain, tidak ada yang spesial dan menonjol, terutama tentunya perhatian ada pada Jeremy Renner sebagai Aaron Cross yang kurang berhasil menggantikan sosok Jason Bourne yang masih sangat sulit untuk dilupakan. Dari segi action scene, sebenarnya bagus dan lumayan menegangkan, terutama pada adegan kejar-kejaran yang cukup mendapat porsi yang cukup. Tapi sayangnya adegan tersebut tidak didukung dengan alur dialog yang terlalu memusingkan kepala dan terlalu panjang untuk disaksikan sehingga membuat sedikit bosan.

Secara keseluruhan saya masih bingung apa yang sebenarnya terjadi pada film ke-4 ini walau dari segi hubungan dengan bourne trilogi sudah cukup jelas, tapi masih ada banyak sekali penjelasan yang harus ditampilkan. Sekuel? Jika pun hal itu terjadi, akan sedikit memaksa karena adegan klimaks dan endingnya yang benar-benar ciri khas franchise Bourne. Tapi jika memang benar akan dilanjutkan, ada baiknya Gilroy menjelaskan kembali film ke-4 ini sejelas-jelasnya di seri ke-5 hingga tidak menimbulkan tanda tanya ketika para penonton keluar dari pintu teater.

Rating
Cerita: 5/10
Pemain: 5/10
Ending: 5/10
Overall: 5/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful