Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Selasa, 14 Agustus 2012

[REVIEW] Blu-ray Disc: EVA (2011)



Genre: Drama, Fantasy, Sci-Fi
Directed By: Kike Maíllo
Stars: Daniel Brühl, Marta Etura, Lluís Homar, Alberto Ammann, Claudia Vega, Anne Canovas
Studio: Escándalo Films S.L., Ran Entertainment, Saga-Productions
Running Time: 94 Minutes
Language: Catalan, Spain

Synopsis

Film bersetting pada tahun 2041, di masa dimana manusia hidup bersama dengan mesin rangkaian yang mereka rancang. Alex (Daniel Brühl), seorang insinyur cybernetic terkenal, kembali ke Santa Irene untuk melaksanakan misi yang sangat spesifik untuk Fakultas Robotic yakni untuk menciptakan robot seorang anak yang dapat mewakili manusia nanti di masa akan datang. Hubungannya dengan Lana, mantan kekasih Alex, di masa lalu sedikit mengganggu proses kerjanya mengingat Lana juga menikah dengan David, saudaranya sendiri, dan dikaruniai seorang anak perempuan bernama Eva. Alex yang semula merasa terganggu, melihat Eva adalah seorang anak yang cocok untuk dijadikan prototipe untuk robot rangkaiannya di mana Alex akan mencoba merekam semua tingkah laku Eva untuk nanti dikembangkan pada robot buatannya. Tapi ternyata ada satu hal yang tidak diketahui Alex tentang Eva dan hal tersebut akan merubah seluruh pandangan Alex mengenai apa pun yang telah diketahuinya selama ini.

Review

Hal pertama yang bisa gua kemukakan adalah EVA merupakan film yang boleh dikatakan bertaraf HIGH TECH, baik dari segi visual maupun kecanggihan mesin-mesin yang ada film ini. Luar biasa. Cukup bisa mengimbangi film-film Hollywood yang selalu berbujet besar jika ingin menampilkan teknologi yang canggih pada film-filmnya.
Jalan ceritanya bagus menurut saya dan didukung dengan ending dan klimaks yang tidak terduga sebenarnya. Mungkin banyak orang sudah bisa menebak sosok EVA di awal hingga pertengahan film, tapi pandangan tersebut seakan berubah seiring berjalan film. Dan bagian akhir film pun menjelaskan segalanya yang menurut saya cukup sulit untuk diterima apa yang akan terjadi di akhir film. Tidak sedikit pula orang yang menonton akan ikut tersentuh dan meneteskan air mata melihat akhir dari kisah film ini. Tonton saja filmnya bersama teman dan keluarga Anda.
Untuk para pemain, Daniel Bruhl cukup baik memainkan peran sebagai Alex dan tentu yang mendapat sorotan utama adalah Claudia Vega, yang berperan sebagai EVA yang menurut saya adalah EVA adalah seorang perempuan yang mewakili sebuah 'Hasil' dari proses atau tugas yang telah kita kerjakan dengan tuntas, tapi kita hanya tahu kegunaan dari 'Hasil' yang kita dapat tanpa kita ketahui dampak negatifnya bagi beberapa orang tertentu. Sedang karakter Alex dan lainnya adalah diri kita masing-masing di mana kita diajarkan agar kita memikirkan matang-matang akan segala hal yang akan kita lakukan agar kita tidak menyesal nantinya terhadap hasil dari tugas yang kita kerjakan.
Visual dari film ini, terutama dari Blu-ray Disc, baik sekali. Tampilan yang cukup tajam pada setiap efek-efek visual dan pada teknologi mesin yang ditampilkan dan didukung dengan sound yang bagus, membuat Blu-ray EVA terasa enak dan sangat nyaman untuk memanjakan mata kita semua.
Terakhir saya mau membahas tentang akhir dari film ini yang menurut saya sudah cukup baik walau beberapa orang termasuk saya sendiri masih tidak bisa menerima akhir dari film ini. Yang disayangkan adalah film ini berakhir tanpa adanya alasan yang begitu kuat danwalau di akhir film ada klimaks yang cukup kuat tapi buat saya belum maksimal Kike Maillo dalam menjabarkan ending yang sesungguhnya. Sebenarnya film masih bisa diteruskan untuk menciptakan ending yang lebih baik. Seharusnya ada penjelasan yang lebih yang mungkin akan membawa emosi penonton lebih larut ke dalam lagi.
Tapi secara keseluruhan EVA adalah tontonan keluarga yang bagus untuk kita semua.


"Don't do something that you'll regret later"

Rating
Cerita: 7/10
Pemain: 7/10
Grafis: 8/10
Sound: 7/10
Ending: 5/10
Overall: 7/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful