Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Rabu, 06 Juni 2012

Review: PROMETHEUS ~ When Big Things Come From A Small & Simple Idea



Genre: According to My Opinion, This Movie is Pure Sci-Fi
Director: Ridley Scott
Cast: Noomi Rapace, Logan Marshall-Green, Michael Fassbender, Idris Elba, Chralize Theron, Guy Pearce, Sean Harris
Running Time: 124 Minutes

Synopsis:


Sebuah tim penjelajah menemukan petunjuk akan asal-usul umat manusia di Bumi, dan melakukan perjalanan menuju sudut-sudut paling gelap di alam semesta. Di sana, mereka harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Dan apa yang mereka harapkan untuk ditemui sama sekali tidak ada di pikiran mereka. Semuanya berubah menjadi suatu hal yang mengerikan dan mustahil untuk menyelesaikan misi.

Review:
Pertama, jika kalian beranggapan kalau ini adalah film tentang Alien (vs. Human) yang siap bertarung dan menghancurkan segalanya, kalian salah besar. PROMETHEUS adalah sebuah film yang benar-benar PURE ber-genre Sci-Fi bukan Action ataupun Horror/Thriller. Di salah satu adegan film, Michael Fassbender yang berperan sebagai Robot Android berkata, "Big thing starts with a small thing". Setuju dengan kalimat ini. Secara ringkas, Ridley Scott mengandalkan ide kecil dan kuno untuk merancang PROMETHEUS yang boleh dikatakan terlalu bosan untuk disimak, tapi akhirnya Ridley membawanya menuju sesuatu yang lebih besar meskipun ide itu kecil dan sudah ada.



Banyak orang mungkin beranggapan kalau Ridley Scott sudah kehabisan akal untuk menggarap film ber-genre Sci-Fi. Orang-orang tentu akan selalu teringat dengan mahakaryanya Alien. Pengembangan proyek PROMETHEUS akhirnya dibanding-bandingkan dengan ALIEN. Apakah ini sebuah sekuel? Prekuel? Atau mungkin PROMETHEUS akan berdiri sendiri di luar ALIEN? Atau mungkin bahkan PROMETHEUS lebih mengembangkan cerita yang baru tetapi tetap menggunakan konsep yang sudah ada sebelumnya? Pada akhirnya Ridley berhasil memunculkan sebuah ide kecil yang bisa dikembangkan secara kreatif menjadi sebuah hasil yang beragam, seperti PROMETHEUS. 
Alur ceritanya sebenarnya hampir sama dengan Alien dan gabungan beberapa film Sci-Fi yang sudah ada. Di awal akan diberikan penjelasan secara ilmiah dan apa hasil yang akan didapat dari pencarian tersebut. Dan selanjutnya baru kejadian-kejadian aneh terjadi. Kira-kira begitulah gambaran alur cerita film-film Sci-Fi, termasuk PROMETHEUS. Secara ilmiah, PROMETHEUS bisa ditangkap dengan jelas, hanya saja durasi yang hanya 124 menit dirasa kurang cukup untuk memberikan penjelasan secara keseluruhan. Dan sepertinya ada sekitar 30-45 menit adegan film yang dihilangkan. Jadi tunggu saja versi UNRATED dari PROMETHEUS dalam bentuk DVD yang mungkin akan memuat DELETED SCENE untuk memperjelas keseluruhan film.



Dari deretan para artis yang ada, nama Noomi Rapace jelas menjadi sorotan utama karena memerankan karakter paling penting. Berperan sebagai Elizabeth Shaw, aktris yang dikenal lewat Trilogy Millenium, The Girl With The Dragon Tattoo ini cukup bagus dalam memerankan sang dokter yang berusaha menemukan asal-usul manusia. Perubahan sifat yang dialaminya mulai dari yang bertampang lugu dan layaknya wanita muda menjadi seorang petarung yang tangguh dan seperti tidak percaya apa yang dialaminya patut mendapat kritik yang baik. Sayang Noomi belum bisa menghapus memori kita akan Ripley yang diperankan oleh Sigourney Weaver yang dijuluki Goddess of Alien dan Alien's Mom yang bermain dalam empat film pertama Alien yang bermain begitu luar biasa dan menawan.
Untuk para artis lainnya, mungkin hanya nama Charlize Theron yang berperan sebagai Vickers dan Michael Fassbender sebagai Robot Android David yang menyita perhatian karena mendapat porsi yang lumayan dalam film ini. Sedangkan peran lainnya seperti Logan Marshall-Green, Idris Elba dan Guy Pearce hanya sebagai peran pendukung.

Ada yang mengeluh tentang film ini karena tidak jelas atau mungkin apa yang sebenarnya ingin disampaikan dalam film ini. Dari sinopsis yang ada, film ini memberikan jawaban yang boleh dibilang agak menggantung walau akhirnya jawaban itu terjawab secara sederhana. Dan mungkin pertanyaan yang paling populer di publik adalah, Apa sebenarnya hubungan film PROMETHEUS dengan ALIEN? Semuanya akan terjawab pada akhir ending film ini.

Rating:
Cerita: 7/10
Pemain: 6/10
Ending: 7/10
Overall: 7/10

1 komentar:

FANBOY mengatakan...

Gw suka tuch kata2 terakhir-nya...

Jawabannya ada diakhir film, n SANGAT membuat gw girang!!!!!! Hehe...

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful