Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Selasa, 05 Juni 2012

Review: PROJECT X ~ Grow Doesn't Mean We Get Our Freedom




Genre: Documentary
Director: Nima Nourizadeh
Producer: Todd Philips
Cast: Thomas Mann, Oliver Cooper, Jonathan Daniel Brown, Brady Hender
Running Time: 112 Minutes

Synopsis:


Thomas berulang tahun yang ke-17 dan kedua sahabatnya, Costa dan J.B., berencana mengadakan pesta ulang tahun secara mewah dan besar-besaran di rumah Thomas. Berjanji pada kedua orang tuanya bahwa pesta akan berjalan lancar dan bagaimana seharusnya Thomas mempercayai segala sesuatunya kepada dua sahabatnya tersebut. Di tengah persiapannya Costa dan J.B. merujuk Thomas untuk terjun ke dunia di mana dirinya tidak lagi dipandang sebelah mata (Losers) di mata teman-teman sekolahnya. Maka dari itu mereka berencana mengikutkan unsur-unsur nakal, sebut saja para wanita cantik dan seksi, DJ, musik dengan suara keras, minuman keras dan bahkan ekstasi, ke dalam pesta tersebut. Pesta pun dimulai malam hari. Keadaan yang tadinya sudah kacau, diperparah lagi dengan kehadiran orang-orang tak dikenal yang ikut larut dalam pesta. Ini adalah sebuah dokumentasi di mana sebuah pesta yang diimpikan semua orang berubah menjadi suatu bencana bagi siapa pun yang terlibat di dalamnya. Ini adalah sebuah film yang sangat tidak diperuntukkan bagi anak-anak di bawah umur. Anjuran bagi para penonton agar dapat mengambil sisi positif dari film ini, bukan ceritanya.

Review:
Dua poin penting yang bisa kita tangkap sebelum menonton film ini:
1. Todd Phillips selalu membawakan film-film 'nakal' dan 'gila' di setiap script yang dirancangnya. Sebut saja dua film The Hangover, Due Date dan Old School.
2. Cukup melihat poster film dan trailer tanpa membaca sinopsis film, jalan cerita dan ending sudah bisa ditebak dengan mudah. Seberapa hancur pesta yang akan terjadi, semuanya sudah bisa ditebak lewat poster dan trailer.


Review gua sebenarnya singkat aja. Ini adalah film dokumenter yang sebenarnya punya dua sisi, yakni positif dan negatif.
(-) Bagi para penonton, terutama di kalangan muda, PROJECT X bisa jadi merupakan sebuah 'Inspirasi' bagi mereka yang ingin mengadakan pesta demi suatu hal yang tidak perlu dibesar-besarkan.
(-) Bagi anak-anak, PROJECT X mengajarkan pada anak untuk mencoba sesuatu yang baru dalam hidup meski ada dampak buruknya.
(-) Bagi orang tua, PROJECT X bisa saja memancing para orang tua untuk memberikan kebebasan pada anak agar sang anak lebih dewasa.


(+) Film ini mencoba memperingatkan kita akan kedewasaan kita dalam hidup ini. Ada kalanya di mana kita semakin bertumbuh dan berkembang menjadi seseorang yang lebih dewasa dan lebih menghargai keadaan sekitar.
(+) Film ini memberi pelajaran bagi kita bahwa menjadi seorang 'LOSERS' bukan berarti kita harus melakukan tindakan yang melampaui batas kemanusiaan. Menjadi seorang LOSERS dapat kita artikan bahwa itu adalah tantangan bagi kita bagaimana kita harus menjadi lebih dewasa lagi.
(+) Film ini mencoba memberi pelajaran bagi para orang tua untuk tidak terlalu memberikan kebebasan pada anak-anaknya dalam melakukan sesuatu. Jangan terlalu memanjakan anak dan menuruti setiap keinginannya. Ada kalanya anak juga harus tahu apa yang didapatkannya ketika melakukan sebuah tindakan.
(+) Film juga memberikan pengarahan bagi anak-anak, kaum muda dan para pelajar agar berperilaku sopan dan baik serta patuh pada perintah orang tua, menjauhi hal-hal yang memang sudah sepatutnya dijauhi.
(+) Dan yang terakhir quote yang bisa gua bikin untuk film ini, "Jangan pernah mencoba sesuatu yang sudah kita ketahui dampak buruknya bagi kita dan orang sekitar."

Terakhir, jika kalian beranggapan film ini adalah film dokumenter tergila dan terparah yang pernah kalian saksikan karena hal ini bisa saja terjadi, maka kalian telah terbawa larut ke dalam film ini. 

Ambil SISI POSITIFNYA, bukan SINOPSISNYA!

Rating Overall: 5/10

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful