Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Selasa, 11 Januari 2011

Kaleidoskop Film 2010: Part I

Tahun 2010 merupakan tahunnya AVATAR dan THE HURT LOCKER karena masing-masing memenangkan penghargaan Best Picture pada Golden Globe dan Piala Oscar. 


Tidak ketinggalan pula sang sutradara dari masing-masing film yaitu James Cameron dan Katherine Bigelow mendapatkan predikat Best Director pada ajang tesebut. Tahun 2010 dibuka dengan beberapa film yang cukup menjanjikan dan menarik. Berikut saya tampilkan film-film tersebut dalam Kaleidoskop Film 2010.

Januari


Awal tahun 2010 sepertinya film-film yang tayang belum begitu banyak dan belum memiliki atmosfir yang besar bagi penonton untuk datang ke bioskop. Film keluarga yang diperankan Jackie Chan, “THE SPY NEXT DOOR”, belum bisa menarik banyak perhatian banyak orang. Mungkin karena kurangnya publikasi keluar. Dwayne Johnson aka The Rock, melanjutkan bulan Januari dengan film komedi, “THE TOOTH FAIRY”. Aksi The Rock boleh terbilang kocak tapi tidak dibandingi dengan jalan cerita yang di bawah rata-rata. Paul Bettany dan Dennis Quaid beradu akting dalam film “LEGION” yang bercerita tentang pemusnahan manusia oleh alam dengan dikirimnya dua orang malaikat yaitu Michael dan Gabriel. “LEGION” cukup mengundang antusias yang cukup tinggi banyak orang karena alur cerita yang ditampilkan cukup menjanjikan. Tapi sayangnya lagi-lagi alur cerita yang dipresentasikan akhirnya tidak diratakan oleh akting para pemainnya yang biasa-biasa saja. “THE BOOK OF ELI” sebenarnya sudah tayang bulan ini di beberapa negara, tapi baru masuk Indonesia 3-4 bulan kemudian. Film yang dbintangi oleh Denzel Washington, Mila Kunis dan Gary Oldman ini mungkin satu-satunya film yang bisa dikategorikan baik karena jalan cerita yang bagus dan akting para pemain yang menjanjikan.

Film Favorit Bulan Januari: THE BOOK OF ELI

Februari


Masuk bulan kedua di 2010, ada film action komedia terbaru dari Bruce Willis (tayang di Indonesia bulan Maret 2010) berjudul “COP OUT”. Film ini terkesan seperti asal buat yang penting jadi. Ya, Bruce Willis tidak menampilkan apa yang biasanya ia tampilkan. Bruce sangat jarang bermain film komedi sehingga bisa dibilang film ini tidak berkualitas. Lalu ada dua film romantis yang tayang pada bulan kasih sayang ini yaitu, “THE VALENTINE’S DAY” dan “DEAR JOHN” yang cukup menghibur para penontonnya. Lalu ada film remake “THE WOLFMAN” yang dibintangi oleh para artis terkenal seperti Anthony Hopkins, Benicio Del Toro, Hugo Weaving dan Emily Blunt. Sayangnya ekspetasi tinggi penonton terhadap film ini tidak sesuai dengan hasilnya yang mengecewakan. Lalu ada film John Travolta, “FROM PARIS WITH LOVE”. Film yang cukup sarat akan aksi ini belum terlalu mengundang banyak penonton. Hal ini bisa dilihat dari pendapatannya di tangga Box Office. Lalu akhirnya ada dua film unggulan yakni “PERCY JACKSON & THE OLYMPIANS: THE LIGHTNING THIEF” dan “SHUTTER ISLAND”. Film arahan Chris Columbus cukup menghibur tapi hanya sekedar menghibur. Lalu kita menyaksikan ide briliant ala Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio yang cukup menegangkan.

Film Favorit Bulan Februari: SHUTTER ISLAND

Maret

Bulan Maret mulai bermunculan film-film yang memang sudah ada dalam daftar setiap orang. Dimulai dengan animasi dari Dreamworks Picture, “HOW TO TRAIN YOUR DRAGON” yang di luar perkiraan banyak orang tampil mengesankan baik dari segi cerita, komedi dan bahkan lebih baik ditonton dalam format 3D. Lalu ada film terbaru dari reuni Matt Damon dan Paul Greengass (mereka pernah bekerja sama dalam Bourne Trilgoy), yaitu “GREEN ZONE”. Walau terkesan kontroversial karena menampilkan sisi negatif dari Amerika, film ini cukup menarik banyak penonton. Dan dua film unggulan bulan Maret yaitu “CLASH OF THE TITANS” dan “ALICE IN WONDERLAND”. Film arahan Tim Burton beserta Johnny Depp ini berhasil mencapai angka 1 milyar dollar hingga akhir tahun 2010. Tampil dengan visual effect yang cukup menawan, rasanya acungan jempol patutu diarahkan pada “ALICE IN WONDERLAND”. Louis Leterrier kembali lagi setelah kita lihat lewat film produksinya tahun 2008 “THE INCREDIBLE HULK”. Kali ini dia kembali lewat perang para Dewa Yunani yaitu “CLASH OF THE TITANS”. Promosi besar-besaran dan trailer yang sangat fantastis ternyata tidak sebanding dengan hasilnya. Kecewa sudah pasti. Penonton yang tadinya mengharapkan film ini bisa sekelas “THE LORD OF THE RING”, terpaksa gigit jari karena alur cerita yang monotn dan terkesan dimain-mainkan.

Film Favorit Bulan Maret: ALICE IN WONDERLAND

April


Dibuka dengan duet Tina Fey dan Steve Carrell lewat “THE DATE NIGHT” yang cukup membuat kita tertawa, bulan April kemudian dilanjutkan dengan kembalinya sosok legenda Fredy Kruger lewat “A NIGHTMARE ON ELM STREET”. Jackie Earle Harley dinilai sukses memerankan tokoh Fredy Kruger yang sudah cukup lama tidak tampil di layar lebar. Kemudian ada film “THE LOSERS” film sarat aksi yang sepertinya tidak terlalu sukses dalam tangga box office. Lalu ada “KICK-ASS” yang di luar dugaan mampu menampilkan cerita yang menghibur sekaligus gorree!!! Akting Chloe Moretz sebagai Hit-Girl patutu diacungi jempol. Rencananya sekuel film ini akan tayang kembali 2012 mendatang. Lalu ada film dari negara matador “[REC] 2”. Melanjutkan kesuksesan film pertamanya, bagian kedua ini melanjutkan pencarian dua orang reporter yang hilang di apartemen yang sudah terisolasi virus mematikan. Hasilnya luar biasa. Ketegangan akan kita dapatkan lewat film ini. Lalu film yang digadang-gadang akan mampu bersaing dalam tangga box office yaitu sekuel dari film ternama Jon Favreau yaitu “IRON MAN 2”. Kehadiran kembali Robert Downey Jr. sepertinya merupakan faktor utama film ini semakin dinanti. Digantinya Terrence Howard dengan Don Cheadle ternyata cukup berpengaruh. Banyak kritikusi menilai Don Cheadle tidak sebaik Howard dalam memerankan tokoh Rodes (War Machine) Tapi hasilnya penonton tetap menyukainya.

Film Favorit Bulan April: IRON MAN 2

Mei


Musim panas akhirnya tiba. Film-film calon box office pun mulai bermunculan. Dimulai dari reuni Ridley Scott dan Russell Crowe lewat “ROBIN HOOD” yang hasilnya biasa-biasa saja dan tidak ada yang istimewa. Lalu dilanjutkan dengan seri akhir dari petualangan si monster hijau yaitu “SHREK FOREVER AFTER”. Terkesan buru-buru, seri akhir dari “SHREK” terlihat canggung dan jauh di bawah ketiga film pertamanya. Kemudian “SEX AND THE CITY 2” hadir dan memberikan tontonan yang cukup menghibur. Tapi sayangnya film keduanya ini tidak sesukses film pertamanya. Pihak studio pun akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan film ini. Bulan Mei akhirnya ditutup lewat film adaptasi dari Game yaitu “PRINCE OF PERSIA: THE SANDS OF TIME”. Seperti film-film dari adaptasi game lainnya, film ini pun kurang didukung dari segi alur. Tapi untungnya Mike Newell mampu memainkan pola alur cerita sehingga kita tidak akan terbawa bosan lewat film ini.

Film Favorit Bulan Mei: PRINCE OF PERSIA: THE SANDS OF TIME

Juni

2 film pembuka yaitu “KILLERS”, film action komedi yang cukup menyenangkan, dan “SPLICE”, film sci-fi yang ceritanya masih agak menggantung dari yang semestinya. Lalu dilanjutkan dengan “THE A-TEAM”. Kuartet Liam Nesson, Bradley Cooper, Quinton Jackson dan Sharlto Copley mampu memberikan kualitas yang cukup bagus pada film ini. Aksi yang di luar jangkauan ditampilkan dalam film ini. Lalu ada film remake “THE KARATE KID”. Film keluarga yang patut ditonton oleh semua orang tidak terkecuali anak-anak. Film yang sangat menghibur sekaligus mengenalkan budaya China ke dunia luar. Lalu ada film “JONAH HEX” yang dibintangi oleh Josh Brolin, Megan Fox dan john Malkovich. Sayangnya film ini mendapat respon buruk dari penonton karena kualitas yang di bawah rata-rata. Kemudian hadir kembali petualangan si koboi Woody dan Buzz lewat seri pamungkas, “TOY STORY 3”. Ceritanya sangat sempurna dan mengesankan. Penonton terutama anak-anak diajak untuk lebih menyayangi mainannya lewat film ini. “TOY STORY 3” dinominasikan Best Animated Film pada ajang Golden Globes 2011. Lalu ada film action komedi “KNIGHT AND DAY”. Tom Cruise berduet dengan Cameron Diaz layaknya Romeo & Juliet tapi dalam nuansa perang. Yap, karisma kedua tokoh ini memang kurang bisa kita dapat, tapi cerita yang simple dan menarik membuat kita bisa tertawa lepas sekaligus seru menyaksikan adegan-adegan stunt dalam film ini. Adam Sandler kembali lewat film komedi dewasa “GROWN UPS”. Film komedi tidak semuanya untuk anak-anak. Film terbaru Adam Sandler ini banyak menampilkan adegan khusus dewasa, baik dari dialog mapun aktingnya. Dan hasilnya menghibur dan bagus. Bulan Juni ditutup lewat film ketiga Robert Pattinson dan Kristen Stewart, “THE TWILIGHT SAGA: ECLIPSE”. Jangan heran kalau jam 8 pagi di depan bioskop sudah banyak yang antri hanya demi satu kursi di dalam teater demi menyaksikan film ini. Filmnya memang jauh di bawah rata-rata, tapi setidaknya masih lebih baik dari “NEW MOON”.

Film Favorit Bulan Juni: TOY STORY 3

Baiklah inilah semester pertama dalam tahun 2010. Bagaimana tanggapan Anda lewat film-film yang ada pada enam bulan pertama di tahun 2010? Dan ada apa saja dalam enam bulan terakhir di tahun 2010? Nantikan kelanjutannya dalam Kaleidoskop Film 2010: Part II.

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful