Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Sabtu, 19 Januari 2013

Review: Les Misérables ~ Fight. Hope. Dream. Love. It Will Leave You Laugh, Tears and Inspiration.



Genre: Drama, Musical, Romance
Directed by: Tom Hooper
Starring: Hugh Jackman, Russell Crowe, Anne Hathaway, Amanda Seyfried, Helena Bonham Carter, Sacha Baron Cohen, Eddie Redmayne, Samantha Barks, Isabelle Allen
Studio: Universal Studio
Running Time: 157 Minutes
Rating: PG-13 for suggestive and sexual material, violence and thematic elements

Synopsis

Berlatar belakang pada abad ke-19 di Perancis, Les Misérables menceritakan sebuah kisah yang memikat di mana sebuah mimpi yang hancur dan cinta yang tidak terbatas, pengorbanan dan sebuah penebusan yang abadi bagi kelangsungan hidup jiwa manusia. Mantan tahanan sekaligus budak, Jean Valjean (Hugh Jackman), diburu selama puluhan tahun oleh polisi keja, Javert (Russell Crowe) setelah dirinya melanggar perjanjian pembebasan bersyarat yang diberikan kepadanya. Seiring berjalannya waktu Valjean kemudian memimpin sebuah pabrik dan bertemu dengan seorang pekerja bernama Fantine (Anne Hathaway). Pertemuan keduanya membawa Valjean bertemu dengan Cosette (Amanda Seyfried), anak dari Fantine, yang akan merubah hidup mereka selamanya.

Review

'Fight. Hope. Dream. Love.' Sebuah tagline yang benar-benar menjelaskan arti dari sebuah pengorbanan dan cinta yang tidak akan pernah habis. Sebuah mimpi yang perlahan mulai  hancur tetapi tetap harus diperjuangkan karena harapan itu tidak pernah pudar. Les Misérables merupakan sebuah film terbaru karya sutradara The King's Speech, Tom Hooper yang akan mengajak Anda semua untuk melihat dan merasakan bahwa perjuangan, pengorbanan, cinta dan harapan adalah empat hal yang perlu untuk dicapai. Semuanya dituangkan menjadi sebuah film drama musikal yang penuh emosional dan sangat menyentuh.


Les Misérables memiliki jalan cerita yang sungguh memikat dan berayun layaknya kita menyaksikan sebuah drama musikal di atas panaggung. Tatanan dialog yang disampaikan secara musikal dengan kata-kata yang indah dan dapat dinikmati oleh para penonton akan menuntun kita melihat kehidupan dan perjuangan dari Jean Valjean dan Fantine. Beberapa orang yang mungkin tidak terlalu biasa atau pun tidak menyukai film bergenre seperti ini karena 95% film akan berisi dengan dialog dalam nyanyian. Disarankan bagi Anda yang ingin menonton Les Misérables, alangkah baiknya memikirkan baik-baik lebih dulu. Karena menurut pandangan saya tidak semua orang di dalam teater dapat menikmati film berdurasi 157 menit ini dengan nyaman. Ada yang mengantuk dan bahkan merasa bosan. Tapi bagi beberapa orang Les Misérables adalah sebuah film yang penuh dengan passion dan cerita yang sangat indah.


Untuk para pemainnya, saya sangat memuji setinggi-tingginya kepada Hugh Jackman sebagai Jean Valjean dan Anne Hathaway sebagai Fantine. Keduanya memang layak untuk memenangkan piala Golden Globe tahun ini. Oscar pun tinggal menunggu waktu saja meski persaingan akan lebih ketat. Hugh Jackman bermain sebagai Jean Valjean dengan apik dan mengeluarkan sisi emosional serta sikap yang pantang menyerah untuk berjuang mempertahankan kelangsungan hidupnya. Anne Hathaway adalah seorang diva dalam film ini. Satu adegan di mana dirinya menyanyikan lagu 'I Dreamed a Dream' secara 'solo concert' adalah pembuktikan Anne bahwa dia dapat memaksimalkan perannya sebagai Fantine dengan menyanyi yang akan membawa kita masuk ke dalam alunan musik yang dinyanyikannya. Untuk para pemain lain seperti Russell Crowe, Amanda Seyfried, Eddie Redmayne tampil cukup baik meski beberapa pemain lain tampil luar biasa pada film ini. Samantha Barks sebagai Eponine adalah salah satu artis yang bermain luar biasa juga dalam film ini. Sacha Baron Cohen dan Helena Bonham Carter sukses memainkan komedi musikal yang akan membuat kita tertawa. Terakhir adalah Isabelle Allen yang bermain sebagai Cosette di usia anak-anak. Meski hanya tampil sebentar, tapi kharisma yang ditampilkan  dirinya sangat terasa dan suara merdunya yang sangat nikmat untuk didengar. A new star has born!


Secara keseluruhan, Les Misérables adalah sebuah tontonan yang memikat dan film pembuka tahun 2013 yang menawan. Mengawali tahun dengan Les Misérables, kita dapat belajar dari tahun 2012 bahwa impian yang ada akan terus kita bawa dan akan kita perjuangkan di tahun ini. Pengorbanan dan cinta yang tidak akan pernah habis akan kita rasakan terhadap sesama kita. Selamat menonton!

Rating
Cerita: 8/10
Pemain: 8/10
Ending: 8/10
Overall: 8/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful