Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Senin, 14 Januari 2013

Review: Zero Dark Thirty ~ Superb War Movie! Jessica Chastain was Perfect!









Genre: Drama, War
Directed by: Kathryn Bigelow
Starring: Jessica Chastain, Joel Edgerton, Mark Strong, Edgar Ramirez, Jason Clarke, Chris Pratt, Kyle Chandler
Studio: Sony Pictures
Running Time: 160 Minutes
Rating: R for strong violence including brutal disturbing images, and for language

Synopsis

Zero Dark Thirty menceritakan dengan perburuan terbesar dalam sejarah Amerika dalam usahanya membasmi teroris yang telah menyerang menara kembar WTC pada tragedi 9/11. Selama satu dekade, tim elit intelijen dan militer, bekerja secara rahasia di seluruh dunia, mengabdikan diri untuk satu tujuan, yakni memburu dan membunuh orang paling berbahaya di dunia, Osama Bin Laden.

Review

Kathryn Bigelow kembali dengan film perang setelah berhasil dengan The Hurt Locker yang memboyong piala Oscar. Zero Dark Thirty menceritakan perburuan Osama Bin Laden yang dilakukan oleh sebuah tim elit rahasia. Jujur saya penasaran dengan film yang satu ini. Intrik politik, hukum dan perang semuanya ada di dalam film ini. Dan hasilnya sungguh luar biasa. Kathryn adalah seorang sutradara wanita yang sangat hebat dan patut disejajarkan dengan para sutradara kelas atas.


Penjabaran film perang tidaklah harus terus-menerus menampilkan adegan ledakan, tembak-menembak dan kendaraan besar. Tapi justru yang membuat sebuah film bergenre perang menjadi lebih menarik untuk disimak adalah bagaimana sebuah tim menyusun sebuah strategi yang benar-benar matang dalam membasmi para teroris sebelum benar-benar melaksanakan misinya dengan sempurna dan tidak ada yang tertinggal sepulang dari misi. Inilah prinsip yang coba diterapkan oleh seorang Kathryn Bigelow. Zero Dark Thirty memiliki jalan cerita yang kompleks namun menyenangkan. Strategi yang disusun oleh tim elit intelijen yang rahasia berhasil dijabarkan dengan jelas dan lengkap oleh sutradara The Hurt Locker ini. Alur ceritanya cukup panjang tapi tidak membosankan. Adanya unsur main mata dan tangan secara hukum dan politik di dalamnya membuat Zero Dark Thirty bisa saya katakan salah satu film perang terbaik yang pernah ada. Segi dramatisasi yang ada di dalamnya benar-benar kental akan emosi yang dialirkan lewat para karakternya.


Jessica Chastain. Ya, saya harus sembah sujud melihat penampilannya sebagai Maya pada film ini. Inilah yang baru saya sebut sebagai akting total seorang artis. Seolah memainkan karakternya dengan maksimal, Jessica Chastain, yang dijuluki Meryl Streep Jr., berhasil memainkan peran di keseluruhan film bahkan menutupi peran pemain yang lain. Salut untuk Jessica Chastain. Untuk para pemain lainnya tampil cukup baik walau penampilan Jessica memang benar-benar sangat mencolok pada film ini.


Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan apa yang ditampilkan oleh Kathryn pada film Zero Dark Thirty. Rencana perburuan yang ditampilkan dari awal hingga akhir film benar-benar disiapkan dan dilaksanakan secara matang hingga titik habis. Dan mungkin bagi kalian mungkin sadar kalau saya tidak menyebutkan adanya adegan action pada film ini. Jangan khawatir, adegan action yang ada, walau memang sedikit, tapi akan membuat ada shock di tengah-tengah film. Dan untuk 35 menit terakhir, bersiaplah menyaksikan Call of Duty lewat film Zero Dark Thirty. Selamat menonton!

Rating
Cerita: 9/10
Pemain: 8/10
Ending: 8/10
Overall: 8/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful