Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Jumat, 07 September 2012

Special Review: Summer Movie 2012



Musim panas telah berakhir dan menyisakan beberapa kenangan akan film-film hebat sekaligus melegenda. Mulai dari akhir trilogi sang ksatria malam, bersatunya para superhero MARVEL dalam menyelamatkan bumi hingga animasi DISNEY yang melanjutkan tradisinya dengan menyampaikan pesan-pesan bermoral dalam film terbarunya yang kali pertama menggunakan karakter perempuan sebagai peran utamanya. Tapi di luar itu ada juga beberapa film yang menuai kritik ketidakpuasan dari beberapa penonton karena ekspetasi yang terlalu tinggi terhadap film hingga akhirnya berujung kekecewaan. Jadi langsung saja kita simak ulasan 5 film terbaik dan 5 film terburuk versi EnterYourMovie pada musim panas 2012 ini. Check this out!

Top 5 Best Summer Movie

1. The Dark Knight Rises (Satisfaction Meter: 9/10)
"Let the games begin"

Box Office Worldwide: $1,012,264,293
Rating: 9.0/10
Tidak diragukan lagi kalau bagian akhir dari trilogi Batman karya Christopher Nolan 'membunuh' semua film-film musim panas tahun ini. Sempurna dan jenius adalah dua kata yang pas untuk menggambarkan akhir dari trilogi The Dark Knight, Nolan mampu mengubah sosok Bane yang tadinya hanya musuh sampingan dalam komik Batman menjadi sosok villain yang menakutkan. Ditambah dengan dukungan peran Catwoman yang dimainkan Anne Hathaway dan juga banyaknya kejutan dari Gordon Levitt a.k.a Robin John Blake dan Marion Cotillard yang ternyata adalah Talia anak dari Ra's Al Gul membuat The Dark Knight Rises menjadi film favorit dan terbaik versi EnterYourMovie. Dan yang perlu kita nantikan adalah reaksi DC mengenai kelanjutan Batman, akankah dilanjutkan atau akan direboot ulang yang mungkin tidak akan sebagus versi Nolan. Kita nantikan saja sambil menantikan pula Blu-ray The Dark Knight Trilogy yang akan dirilis akhir tahun ini.

2. The Avengers (Satisfaction Meter: 8/10)
"Assemble!"


Box Office Worldwide: $1,502,832,807
Rating: 8.5/10
Iron Man, Hulk, Captain America dan Thor bergabung dengan Nick Fury, Maria Hill, Natasha dan Hawkeye menumpas kejahatan yang dilakukan oleh Loki untuk menumpas dunia ini. The Avengers adalah proyek puncak MARVEL yang dinantikan kehadirannya sangat tinggi tahun ini. Joss Whedon berhasil memberi porsi yang seimbang dan maksimal pada setiap karakter yang ada pada film ini dan juga dengan adegan-adegan action yang diselingi unsur humor sehingga membuat film sangat nyaman dan seru untuk ditonton. Avengers 2 sedang tahap perencanaan sambil menantikan sekuel dari Thor, Captain America, Iron Man dan juga beberapa penambahan karakter baru yang akan difilmkan seperti Antman. Jadi kita tunggu saja beberapa tahun yang akan datang.

3. Moonrise Kingdom (Satisfaction Meter: 8/10)
"It's been proven by history: all mankind makes mistakes"

Box Office Worldwide: $59,031,221
Rating: 8.3/10
Tidak banyak orang tahu film karya Wes Anderson ini yang masuk nominasi Palme d'Or pada ajang Cannes Film festival yang mungkin karena serbuan film-film Box Office yang terlalu merajalela. Moonrise Kingdom menceritakan tentang sepasang kekasih muda yang melarikan diri dari kota New England, yang menyebabkan beerapa pihak lokal untuk keluar dan menemukan mereka. Kedengarannya sederhana dan terlalu biasa untuk ditonton. Tapi Wes Anderson menyajikan film ini secara berbeda dan dapat ditonton oleh seluruh keluarga. Romance, Komedi dan Drama semuanya menyatu dengan baik dan alur cerita yang selalu riang dan kadang kala terlalu dramatis membuat Moonrise Kingdom menjadi salah satu film terbaik musim panas tahun ini. Good Job, Anderson!

4. Ted (Satisfaction Meter: 7/10)
"Y'know, somewhere out there are four terrible fathers I wish I could thank for this great night!"

Box Office Worldwide: $384,709,330
Rating: 7.6/10
Meski belum tayang di Indonesia, Ted mendapat sambutan luar biasa dari beberapa kritikus karena dari alur cerita dan kualitas, Ted berhasil menyajikan sebuah film komedi yang lucu dan jenaka meski film ini dikhususkan untuk orang dewasa. Seekor beruang nakal yang lucu dan imut bukanlah seperti yang kita bayangkan, melainkan nakal yang luar biasa dan juga humor-humor nakal yang selalu dilakukannya. So, stay away from this film kids.

5. Brave (Satisfaction Meter: 7/10)
"If you had a chance to change your fate, would you?"

Box Office Worldwide: $470,277,392
Rating: 7.5/10
Melengkapi deretan Top 5 Best Summer Movie adalah karya Disney, Brave. Meski bukan yang terbaik yang pernah Disney ciptakan, tapi Brave menarik dan cukup menghibur. Pesan moral yang begitu bagus dan berharga pada film ini dapat kita ambil dan pelajari hingga akhirnya membuat kita berani untuk menentukan langkah kita ke depannya. And once again, Disney/Pixar have done it!

Top 5 Disapponting Summer Movie

1. Men In Black III (Satisfaction Meter: 5/10)
"Our mission is to monitor extraterrestrial activity on Earth. But we are no-one."

Box Office Worldwide: $623,862,476
Rating: 6.0/10
10 tahun penantian yang sangat disayangkan untuk dinanti. Barry gagal meramu film ketiga ini menjadi sesuatu yang baru dan cerita terkesan dipaksakan dan ide-de yang ada seperti sudah kuno untuk ditampilkan. Walau berhasil di Box Office chart, Will Smith dan kawan-kawan sepertinya harus merombak ulang apa yang sudah ada pada film ketiga jika ingin melanjutkan film MIB ke seri selanjutnya. 

2. The Expendables 2 (Satisfaction Meter: 5/10)
"My shoe is bigger than this Movie!"

Box Office Worldwide: $173,000,000
Rating: 5.5/10
Tua-tua keladi. Makin tua makin jadi. Inilah peribahasa yang pas untuk disematkan pada para anggota Expendables ketika film pertamanya muncul Dan film keduanya justru mengalami penurunan meski beberapa actor masih terampil dalam melakukan adegan tembak menembak, sebut saja Arnold, Willis, Stallone dan bahkan Norris. Tapi yang disayangkan pada film ini jalan cerita yang terlalu sederhana layaknya sebuah permainan di mana akhirnya si baik mengalahkan si jahat. Daya tarik tentu ada pada deretan castnya. Jet Li dan Liam Hemsworth sayangnya kurang mendapat porsi lebih pada film ini yang memungkinkan menjatuhkan nama mereka. Stallone sendiri sudah terlihat tidak terlalu fit untuk melakukan battle, hal ini terlihat ketika pertarungannya dengan Van Damme. So, it's time for new generation, Stallone. Am I right?

3. The Bourne Legacy (Satisfaction Meter: 6/10)
"I was kinda hoping we were lost. And yes we were"

Box Office Worldwide: $159,675,000
Rating: 6.2/10
Borune Legacy adalah film yang berdiri sendiri di luar Bourne Trilogi tapi tetap mempertahankan apa yang sudah ada sebelumnya. Sayangnya Tony Gilroy membuat cerita ini sangat sulit dipahami bagi para penonton baik yang sudah menonton mau pun belum menonton Bourne Trilogi. Adegan action yang ditampilkan boleh dibilang minim, walau adegan kejar-kejaran di akhir film cukup seru untuk disaksikan. Meski begitu Bourne Legacy dirancang seperti seolah-olah pihak studio tidak ingin franchise Bourne dilupakan dan ditinggal penggemarnya karena dampak beberapa film musim panas yang semakin menjadi-menjadi. Well then, I think Renner should think twice to take over Damon's place as Bourne.

4. Ice Age: Continental Drift (Satisfaction Meter: 6/10)
"I ask for warriors, and all I get is kitty cats and bunny rabbits!"

Box Office Worldwide: $828,736,444
Rating: 6.0/10
Latar ceritanya bagus, sayang dieksekusi gagal. Ice Age melengkapai deretan film musim panas yang mengecewakan karena satu hal, kehabisan ide. Ya, seri ke-4 tidak sebagus tiga seri sebelumnya dan boleh dikatakan terburuk dari 4 seri yang ada. Blue Sky Studio sepertinya harus banyak belajar dari Disney/ Pixar dan Dreamworks dalam mengembangkan sebuah film yang sudah ada untuk dirancang sekuelnya agar menampilkan sebuah hasil yang maksimal dan patut dinanti oleh para penontonnya. Study hard guys!

5. Total Recall (Satisfaction Meter: 6/10)
"If I'm not me, then who the hell am I?"

Box Office Worldwide: $155,455,000
Rating: 5.8/10
Remake dari tahun 1990, Total Recall mendapat pro dan kontra dari kalangan publik. Mulai dan perbandingan castnya hingga alur cerita. Meski begitu Total Recall versi Paul Verhoeven pada tahun 1990 memang masih lebih baik dibandingkan Len Wiseman. Versi Wisemahn terkesan terlalu mengandalkan perkembangan teknologi yang ada tanpa memperhatikan kualitas alur cerita. Meski begitu Total Recall versi Wiseman tidak terlalu buruk dalam menampilkan adegan action yang cukup memanjakan mata. Tapi sekali lagi, ada baiknya seorang sutradara mempelajari lebih dalam lagi jika ingin meremake sebuah film yang sudah cukup berhasil di masanya. 

Inilah review yang bisa saya jabarkan mengenai beberapa film yang baik dari segi kualitas dan memnbuat penonton ingin lagi kembali ke teater dan juga film yang terasa membosankan untuk ditonton. Tapi di luar itu semua kita sudah disuguhkan oleh beberapa film-film yang menarik dan menyenangkan dalam mengisi musim panas tahun ini. Jadi mari kita berharap musim panas 2013 akan lebih baik lagi dari tahun ini. Cheers guys! :D

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful