Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Rabu, 12 September 2012

Review: Resident Evil: Retribution ~ Poor Movie. But Alice vs. Jill Valentine was Amazing!



Genre: Action, Horror, Sci-Fi
Directed By: Paul W.S. Anderson
Starring: Milla Jovovich, Sienna Guillory, Michelle Rodriguez, Li Bingbing, Boris Kodjoe, Johann Urb, Kevin Durand, Oded Fehr, Shawn Roberts
Distributed By: Sony Screen Gems
Running Time: 117 minutes
MPAA Rating: R for sequences of strong violence throughout

Synopsis

T-Virus yang dikembangkan oleh Umbrella Corporation terus merusak keadaan bumi dan mengubah populasi manusia menjadi sekumpulan Undead (Zombie) pemakan daging. Kini satu-satunya harapan terakhir manusia hanya ada di tangan Alice (Milla Jovovich), yang secara tiba-tiba dirinya terbangun di sebuah tempat fasilitas dari Umbrella Corporation. Alice terus memburu dan mencari kebenaran yang sebenarnya terjadi mulai dari Tokyo, New York, Washington hingga Moskow, yang ternyata semuanya sudah diatur untuk sebuah simulasi yang mematikan. Bersama rekan-rekan yang ditemuinya dalam perjalanan, Ada Wong (Li Bing Bing), Leon S. Kennedy (Johann Urb), Luther West (Boris Kodjoe) dan dengan dukungan tak terduga dari sang Super Human, Albert Wesker (Shawn Roberts), Alice mencoba keluar dari Umbrella Corporation sambil mencari apa yang sebenarnya terjadi di tempat itu sebelum waktu habis. Tapi tidak semudah yang seperti dibayangkannya, karena kini Umbrella Corporation memiliki tuan rumah yang tak terduga, yakni muka-muka yang tidak asing bagi Alice. Salah satunya adalah Jill Valentine (Sienna Guillory).

Review

Melanjutkan dari film terakhirnya Resident Evil: Afterlife, Paul W.S. Anderson kembali merancang jalan cerita baru yang mungkin terbayang di benak kita adalah Resident Evil adalah film adaptasi Game tersukses karena sudah mencapai seri kelima dan masih mungkin untuk diteruskan karena animo penonton yang cukup besar terhadap film ini. Jalan cerita sendiri sudah tidak mengikuti alur game. Hal ini dikarenakan Resident Evil: Retribution sudah rilis terlebih dahulu sementara game Resident Evil 6 baru akan dirilis sekitar Oktober atau November 2012. Tapi lagi-lagi Paul merancang sendiri alur cerita yang tentunya akan terkait dengan empat film awalnya. Jadi disarankan bagi Anda yang ingin menonton agar menonton dulu empat film awal dari Resident Evil.


Jalan ceritanya sederhana layaknya empat film sebelumnya dan mungkin bagi para penonton setia RE sudah bisa ketebak alur cerita film kelima ini. Tapi kalau saya coba gambarkan, film kelima ini layaknya sebuah video game sesungguhnya Resident Evil. Hal ini dapat dilihat dari alur cerita yang berjalan di mana Alice berpindah dari satu tempat ke tempat lain bersama rekan-rekannya untuk berhadapan dengan para monster yang tentunya berbeda di setiap tempat. Layaknya sebuah game, pasti ada pula Boss yang dinanti-nanti. Ya hal ini dapat dilihat hampir di seluruh alur film ini. Jadi ketika Anda menyaksikan RE: Retribution, jangan kaget ketika Anda ternyata melihat Alice bukan lagi sebagai penakluk Zombie, melainkan seorang player, jagoan atau disebut Karakter Utama dalam game yang seolah-olah kita kendalikan dengan stik video game.


Para pemain sebenarnya cukup mengundanr rasa penasaran karena ada nama-nama seperti Sienna Guillory yang kembali sebagai Jill Valentine dan ada Michelle Rodriguez dan Oded Fehr yang diceritakan sudah mati pada film-film RE sebelumnya membuat semakin penasaran bagi penonton, karakter apa yang akan mereka perankan. Kehadiran sosok Leon yang diperankan Johann Urb dan Ada Wong yang diperankan Li Bingbing kembali menambah daftar karakter baru di setiap film Resident Evil. Tapi dari segi kualitas akting masih terlihat datar bagi seluruh para pemainnya. Mungkin terkecuali Milla Jovovich yang tidak bisa kita lepaskan pandangan terhadap karakter Alice yang sudah melekat pada dirinya.

Tapi dibalik kurangnya kualitas RE: Retribution baik dari segi cerita, para pemain dan Visual 3D yang terlihat biasa-biasa saja, ada satu hal yang boleh dibilang menyelamatkan 80% film dari kata 'Gagal'. Ya, adegan pertarungan Alice dengan Jill Valentine merupakan puncak yang sangat tepat untuk diberikan dan tentunya kita saksikan pada film ini. Pertarungan keduanya boleh saya katakan salah satu pertarungan terbaik di tahun 2012 ini. It's Lady's Night!


Secara keseluruhan RE: Retribution masih terlihat sama-sama saja seperti empat film pendahulunya. Ada baiknya Paul mempelajari dari film-film besar yang sukses untuk melanjutkan film RE ke seri selanjutnya yang boleh saya katakan mungkin jika dilanjutkan lagi akan menjadi film terakhir Resident Evil melihat Endingnya yang sebenarnya cukup bagus karena berkumpulnya semua tokoh dalam satu scene. Untuk lebih jelasnya, silakan saksikan film Resident Evil: Retribution di bioskop kesayangan Anda.

Rating
Cerita: 5/10
Pemain: 5/10
3D: 5/10
Ending: 6/10
Overall: 5/10

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful