Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Rabu, 31 Desember 2008

2008 Movie Review

Inilah kilas balik dunia perfilman di tahun 2008. Film apa saja yang berhasil menarik perhatian penonton? Film apa saja yang berhasil merajai Box Office dunia? Film apa saja yang berhasil meraih penilaian yang baik?

Mari kita simak Kaleidoskop Film 2008.

January

Awal tahun 2008 memang sedikit film yang dapat kita saksikan. Tapi, tidak terlalu mengecewakan. Dibuka dengan Rambo, awal tahun dilanjutkan dengan si manusia lompat, Jumper. Dua film ini sukses menjadi santapan pembuka awal tahun. Lalu, muncul film dokumentasi karya J.J.Abrams, Cloverfield. Inilah film yang berhasil membuat seluruh pecinta film tercengang ketika melihat trailernya. Sama sekali tidak dijelaskan apa sebenarnya yang terjadi pada film itu hingga kita harus menyaksikannya sendiri. Film-film lain seperti 27 Dresses, One Missed Call dan Meet the Spartans melanjutkan dominasi film di Januari 2008 walau tidak sebaik ketiga film pertama tadi.

January Top 5:

1. Cloverfield

2. Jumper

3. Rambo

4. 27 Dresses

5. Meet the Spartans

February

Bulan February merupakan bulan penuh kedamaian bagi dunia perfilman. Film-film penghibur menjadi santapan lezat. Dibuka dengan Spiderwick Chronicles yang merupakan merupakan film dengan rate SU (Semua Umur), cukup menjanjikan. Dilanjutkan dengan sekuel kedua film Step Up yaitu, Step Up 2 The Streets. Sekuel kedua Step Up sangat menjanjikan. Penghasilan lebih dari $100 juta diperolehnya hanya dalam waktu 1 bulan. Setelah dipuaskan dengan dance-dance yang mengkilau, hadirlah Vantage Point, sebuah film yang akan memberikan kita tentang sebuah kasus percobaan pembunuhan presiden dengan menampilkan beberapa sudut pandang dari beberap orang penting dalam kejadian itu.

February Top 5:

1. Spiderwick Cdahronicles

2. Vantage Point

3.Step Up 2 The Streets

4. Fool’s Gold

5. The Eye

March

Film-film bulan Maret mulai datang secara bergantian tiap minggu. Minggu pertama kita kedatangan Horton Hears a Who!, yang berhasil mencapai 10 besar Box Office dunia pada bulan Maret. Lalu di minggu kedua kita kedatangan 10.000 BC. Film karya Roand Emmerich ini dinilai para kritikus film kurang mengesankan karena beberapa faktor, seperti dalam penyampaian bahasa, kurangnya ide dan tidak maksimalnya para pemain. Tapi dilihat dari tangga Box Office, film ini memperoleh penghasilan sebesar lebih dari $200 juta. Di minggu ketiga kita kedatangan dua ilm asia yaitu, CJ 7 dan Kung Fu Dunk. CJ 7 menarik perhatian banyak penonton karena ceritanya yang sangat beralur dari senang menjadi sedih. Lain halnya dengan Kung Fu Dunk, yang sangat”rusak total” di hadapan para pecinta film. Selain film-film tadi, kita melihat pula 21, Shutter dan Superhero Movie.

March Top 5:

1. Horton Hears a Who!

2. 10,000 BC

3. 21

4. Superhero Movie

5. CJ 7

April

The Forbidden Kingdom. Ya, inilah pemenang di bulan April ini. Duet dua master kung fu, Jackie Chan – Jet Li, beraksi secara bersamaan di satu film. Walau tidak masuk jajaran Box Office, film ini berhasil meraup $110 juta. Selain itu, Street Kings, Nim’s Island, Deception, Forgetting Sarah Marshall dan Prom Night cukup menghibur kita.

April Top 5:

1. The Forbidden Kingdom

2. Nim’s Island

3. Forgetting Sarah Marshall

4. Street Kings

5. Prom Night

May

Kalau di 2007 film pembuka musim panas dibuka dengan lengkapnya trilogy si manusia laba-laba, Spider-Man 3, maka di 2008 akting Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark di film Iron Man, berhasil baik di hadapan penonton dan box office sebagai film pembuka musim panas di 2008. Dilanjutkan dengan kembalinya trio Steven Spielberg, George Lucas dan Harrison Ford dalam film keempat Indiana Jones yaitu, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull. Sekuel keempat ini memang masuk dalam jajaran 3 besar Box Office dunia, tapi sayang banyak penonton bereaksi “lupa” alur ceritanya setelah menonton film ini. Luka tipis di film Indi berhasil disembuhkan dengan hadirnya The Chronicles of Narnia: Prince Caspian serta Sex and the City. Tapi justru yang berhasil secara mengejutkan dan sempat masuk peringkat 7 Box Office Dunia yaitu, What Happens in Vegas yang diisi oleh Ashton Kutcher dan Cameron Diaz. Film-film penghibur lainnya di bulan Mei ini yaitu Speed Racer, Made of Honor, The Strangers dan The Children of Huang Shi. Dan satu lagi, selamat buat MANCHESTER UNITED yang berhasil menjadi Juara Liga Champion tahun 2008!!!...

May Top 5:

1. Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull

2. Iron Man

3. The Chronicles of Narnia: Prince Caspian

4. Sex and the City

5. What Happens in Vegas

June

Pertama-tama dan yang sangat utama di bulan Juni, EURO 2008!!!... Serunya pertandingan-pertandingan dan kejutan yang sangat tak terduga sangat menghibur bulan Juni. Lalu, selamat buat Tim Matador Spanyol yang berhasil menjadi Raja Eropa 2008.

Seiring dengan keberhasilan film-film di bulan Mei, maka bulan Juni merupakan kelanjutannya. Dibuka dengan The Happening karya sutradara M. Night Syahmalan, film ini cukup tegang dan bagus di mata penonton walau para kritikus film menyatakan film ini cukup membosankan dan tidak ada kesan apa-apa setelah menyaksikannya. Lalu, BOOM!!!... PANDAMONIUM IS COMING!!!... Ya, film yang sangat-sangat dinanti oleh banyak orang karena trailernya sudah muncul semenjak peluncuran film I Am Legend pada tahun 2007. Ya, Kung Fu Panda yang berhasil membuat perut kita terkocok dengan jalan cerita yang memberi pelajaran kepada kita pentingnya sebuah kepercayaan. Lalu, si panda mendapat saingan dari robot, WALL-E yang jalan ceritanya sangat beragam. Awal sampai pertengahan seru dan lucu hingga akhirnya kita bisa merasakan sedihnya perjuangan sebuah robot demi menyelamatkan kembali bumi ini. Tidak berhenti sampai di situ. Datanglah si penembak jitu Angelina Jolie, James McAvoy dan Morgan Freeman dalam film, WANTED. Setelah asik melihat aksi-aksi menembak, si raksasa hijau datang menggebrak dunia perfilman, The Incredible Hulk. Sekuel keduanya ini dinilai jauh lebih sukses daripada yang pertama karya Ang Lee. Selain itu, di Bulan Juni dapat pula kita lihat aksi kocak Steve Carrell, Anne Hathaway dan Dwayne Johnson dalam film komedi, Get Smart. Selain itu dapat kita lihat si Adam Sandler dalam You Don’t Mess with the Zohan.

June Top 5:

1. Kung Fu Panda

2. WALL-E

3. Get Smart

4. WANTED

5. The Incredible Hulk

July

Masih ingat dengan kalimat-kalimat berikut ini:

Why so serious?”

“Let’s put a smile on that face”

Ya. Itu adalah kata-kata dari seorang Joker dalam film The Dark Knight yang diperankan oleh Alm. Heath Ledger yang sangat dipuji oleh seluruh penonton di dunia. Aktingnya yang luar biasa dalam memerankan karakter seorang Joker, membuatnya dinominasikan sebagai “Pemeran Pendukung Terbaik” dalam ajang Golden Globe Award dan Academy Award. The Dark Knight berhasil menutup musim panas dengan manis sekaligus Juara Box Office Dunai 2008 dengan penghasilan hampir 1 Milliar Dollar Amerika serta film terbaik tahun 2008 yang diikuti oleh WALL-E. Mengikuti juga, ada film drama musical yang sukses di jajaran Box Office Dunia 2008, yaitu Mamma Mia! The Movie yang memainkan lagu-lagu ABBA. Selain itu, Will Smith pun ikut ambil peran membawa filmnya Hancock ke jajaran 5 besar Box Office Dunia. Selain itu ada Journey to the Centre of the Earth yang dapat kita saksikan dengan nuansa 3D. Ada juga Hellboy II: The Golden Army, Red Cliff, Meet Dave dan The X-Files: I Want to Believe.

July Top 5:

1. The Dark Knight

2. Hancock

3. Mamma Mia! The Movie

4. Journey to the Centre of the Earth

5. Hellboy II: The Golden Army

August

Musim panas telah berakhir bukan berarti serbuan film telah usai. The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor dan Tropic Thunder berhasil membuka film penhujung tahun. Dilanjutkan dengan Mirrors, Star Wars: The Clone Wars, Death Race, Disaster Movie dan Babylon A.D.. Selain itu ada juga Vicky Cristina Barcelona yang dapat kita saksikan di JiFFest 2008 ini.

August Top 5:

1. The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor

2. Tropic Thunder

3. Vicky Cristina Barcelona

4. Death Race

5. Mirrors

September

Bulan September tidak jauh beda dengan bulan Agustus. Si Sam Witwicky, Shia LaBeouf, dan si cantik Michelle Monaghan adu acting di film Eagle Eye. Menemani Eagle Eye, ada juga Bagkok Dangerous, My Best Friend’s Girl, Nights in Rodanthe dan Righteous Kill. Selain itu, dua actor utama dalam trilogy film Ocean’s, George Clonney dan Brad Pitt serta ditemani oleh John Malkovich dan Tilda Swinton bermain dalam film drama komedi Burn After Reading yang berhasil meraup lebih dari $100 juta.

September Top 5

1. Eagle Eye

2. Burn After Reading

3. My Best Friend’s Girl

4. Righteous Kill

5. Bangkok Dangerous

October

HAPPY HALLOWEEN!!!!.....

Menemani kita bulan Oktober ada si anjing lucu, Beverly Hills Chihuahua. Lalu ditemani pula oleh City of Ember dan drama musical yang sukses lewat tayangan Disney Channel, High School Musical 3: Senior Year. Lalu, Leonardo DiCaprio berakting kembali dalam film Body of Lies yang penuh kontroversi. Si tegas Mark Wahlberg kembali berakting dalam film adaptasi game, Max Payne. Sayangnya, film ini mengikuti film-film adaptasi game lainnya yang gagal. Dan yang sebagai film special Halloween, SAW V sangat cocok disaksikan. Film-film lainnya yang juga hadir di bulan Oktober yaitu Rachel Getting Married, Blindness, RocknRolla, W., Quarantine, Pride and Glory, How to Lose Friends & Alienate People, Changeling, Passengers, The Haunting of Molly Hartley dan Zack and Miri Make a Porno.

October Top 5:

1. High School Musical 3: Senior Year

2. Beverly Hills Chihuahua

3. Body of Lies

4. SAW V

5. Changeling

November

Dua bulan terakhir di tahun 2008, film-film serius peraih piala Oscar mulai bermunculan. DI bulan November antara lain, Slumdog Millionare dan Milk. Selain itu, dua film animasi behasil menghibur para penonton yaitu, Bolt dan Madagascar: Escape 2 Africa. Tidak hanya itu. Film adaptasi novel karangan Stephanie Meyer, Twilight, berhasil menyihir dunia. Robert Pattinson dan Kristen Stewart benar-benar Magic hingga membuat banyak penonton “terkapar”. Dari hasil penelitian, 65% penonton Twilight adalah perempuan. Setelah aksi si vampire, datanglah si jagoan, Transporter 3. Drama perang pun menghiasi bulan November lewat acting Nicole Kidman dan Hugh Jackman dalam film Australia. Dan yang tidak terlupakan tentunya, si agen 007 kembali dalam suasana yang lebih kelam dan penuh dendam dalam Quantum of Solace. Film penyambut natal pun datang di bulan November yaitu, Four Christmases.

November Top 5:

1. Quantum of Solace

2. Madagascar: Escape 2 Africa

3. Twilight

4. Bolt

5. Four Christmases

December

It’s 31 Days to 2009 from now…

Ya, hitung mundur pun dimulai. Film Oskar pun berdatangan lagi di bulan ini, antara lain Frost/Nixon, The Reader, Doubt, The Wrestler, The Curious Case of Benjamin Button dan Revolutionary Road. Setelah kecewa dengan The Day the Earth Stood Still yang tidak jelas jalan ceritanya, kita berhasil dihibur dengan Bedtime Stories, The Spirit, Marley & Me, Seven Pounds dan Yes Man. Film-film yang dapat kita saksikan juga di penghujung tahun ini, Punisher: War Zone, Gran Torino, The Tale of Despereaux, Valkyrie dan Defiance.

December Top 5:

1. The Curious Case of Benjamin Button

2. Marley & Me

3. Seven Pounds

4. Yes Man

5. Bedtime Stories

Jika dilihat dari keseluruhan, film-film tahun 2008 boleh dibilang tidak mengecewakan. 85% telah mendapatkan acungan jempol. Semoga saja tahun 2009 dapat kita lihat film-film yang lebih baik lagi.

1 komentar:

Bang Mupi mengatakan...

hello nice blog. gua link ya blognya. thanks...

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful