Jack The Giant Killer

Jack The Giant Killer

Jumat, 20 Juli 2012

[SPECIAL REVIEW] The Dark Knight Rises IMAX ~ Perfect! Epic Conclusion. Thank You Nolan, DC, Warner Bros., and All of the Stars!



Genre: Action, Adventure, Crime
Directed By: Christopher Nolan
Produced By: Christopher Nolan, Emma Thomas, Charles Roven
Screenplay By: Christopher Nolan, Jonathan Nolan
Based on Characters By: Bob Kane
Music By: Hans Zimmer
Cast: Christian Bale, Gary Oldman, Tom Hardy, Anne Hathaway, Joseph Gordon-Levitt, Marion Cotillard, Michael Caine, Morgan Freeman
Studio: DC Comics, Legendary Pictures, Syncopy Films
Distributed By: Warner Bros. Pictures
Release Date: July 20, 2012
Running Time: 165 minutes
Budget: $250 million

Synopsis

Sudah delapan tahun sejak Batman menghilang kelam, berputar pada detik itu juga, dari seorang pahlawan menjadi seorang buronan. Dengan asumsi menyalahkan Batman (Bruce Wayne) atas kematian D.A. Harvey Dent, Sang Dark Knight mengorbankan segalanya bersama Komisaris Gordon untuk kebaikan yang lebih besar dan damai. 


Tapi semuanya akan berubah cepat dengan kedatangan seorang perempuan misterius yang dijuluki sebagai Catwoman. Jauh lebih berbahaya, bagaimanapun, adalah munculnya Bane, seorang teroris bertopeng yang kejam yang berencana mengeluarkan Bruce Wayne dari tempat pengasigannya untuk kembali ke Gotham. Meskipun Bruce Wayne akhirnya kembali ke Gotham sebagai Dark Knight, Bane mungkin bukan tandingan yang seimbang bagi Batman.


Review



Great Finale! Perfect! Big thanks to Christopher Nolan & team, DC Comics, Warner Bros and All of the Stars from Batman Begins, The Dark Knight and The Dark Knight Rises. Great performance. 
Ya itulah kalimat yang pantas disampaikan usai menonton akhir dari petualangan Batman dari mulai di mana seorang Bruce Wayne menjadi seorang menjadi seorang manusia kelelawar hingga menjadi seorang ksatria malam dengan perjuangan yang jatuh bangun demi memperjuangkan keselamatan warga Gotham City. 

Story (9/10)

Dari segi cerita, TDKR tidak sekelam TDK, tapi unsur crime dan drama yang penuh emosional lebih terasa di film ketiga ini. Dialog-dialog yang dirancang Nolan bersaudara benar-benar dalam dan akan selalu dikenang. Bagian prologue film sudah menampilkan tensi yang cukup tinggi hingga akhirnya memasuki 10 menit kemudian barulah film terasa lebih tenang. Tapi hal itu diselingi dengan beberapa adegan dengan unsur humor dan crime spontan. 


Yang patut diacungi jempol adalah semua adegan yang menampilkan sosok Bane yang terasa begitu kejam dan sadis. Bane benar-benar mengontrol adegan-adegan film yang menampilkan dirinya. Secara keseluruhan, jalan cerita film sangat memuaskan walau meski pun TDK sedikit lebih unggul dari jalan cerita karena mungkin kehadiran sosok seorang Joker yang membuat film menjadi kelam.

Cast (8/10)

Christian Bale kembali memerankan Batman secara maksimal. Batman dikisahkan sudah lemah secara fisik dan mental hingga akhirnya dibangkitkan kembali. Bale benar-benar sosok Batman sejati. Dan sepertinya akan susah untuk mencari pengganti Bale jika pihak DC berencana untuk me-reboot film Batman. Gary Oldman dan Michael Caine yang masing-masing memerankan Gordon dan Alfred mendapat porsi yang cukup penting mengingat kedua karakter inilah yang menjadi teman sehidup semati Bruce Wayne dari Batman Begins, The Dark Knight hingga The Dark Knight Rises. 


Tom Hardy benar-benar emosional. Suara yang ditampilkan sebagai sosok si manusia bertopeng, Bane, benar-benar meneror seluruh penonton, mengingat TDKR juga dirilis dalam format IMAX. Membandingkan Bane dengan Joker adalah sebuah kesalahan. Mereka berdua mempunyai sifat berbeda dan prinsip yang berbeda. Joker lebih mengandalkan cara-cara menghancurkan mental seseorang sementara Bane benar-benar merusak fisik seseorang. Catwoman yang diperankan Anne Hathaway cukup mengagetkan. Di luar dugaan porsi yang dimiliki Catwoman sama besarnya dengan Batman dan Bane. Dan bahkan mungkin tanpa Catwoman, TDKR akan mendapat penilaian berbeda. 


Joseph Gordon-Levitt dan Marion Cotillard sebagai John Blake dan Miranda Tate adalah dua tokoh yang akan mengejutkan semua orang pada film ini. Menurut saya kedua karakter inilah yang merupakan kunci paling mengejutkan semua orang.
Secara keseluruhan semua karakter benar-benar mendapat porsi yang penting dan besar pada film ini. Semua karakter mendapat peran yang pas dan hampir tidak mungkin digantikan oleh artis mana pun. Good Job, Nolan! 

Graphic (8/10)

Kualitas grafis pada layar IMAX benar-benar memukau. Grafik pada TDKR sedikit lebih baik daripada TDK. Nuansa kelam jelas terlihat pada film TDK, tapi TDKR akan memberi nuansa grafis yang cerah sekaligus membunuh jika kita melihat bagaimana Nolan merancang Gotham City pada film ini.

Sound (10/10)

Ini dia yang benar-benar dahsyat. IMAX adalah pilihan yang tepat untuk menyaksikan film TDKR. Setiap kejadian, baik itu ledakan, pukulan, tembakan dan tentunya suara Bane, akan terdengar sangat mencekam dan menakutkan hingga membuat telinga bergolak. Semuanya tentu saja berkat tangan dingin seorang maestro, Hans Zimmer.

Ending (9/10)

Standing Ovation! Perfect! This was one of the best movie's ending I've ever seen in my life. You'll be shocked when you see it. I won't spoiled. But I promise, this one was really brilliant ending.

Overall (9/10)

Overall Nolan dan tim beserta kru dan para pemain dari film Batman Begins, TDK dan TDKR menuntaskan trilogi ini menjadi sebagai sebuah Trilogi yang akan dikenang semua orang dan mungkin akan menjadi salah satu trilogi terbaik dalam sejarah perfilman sejak Trilogi Lord of the Rings dan The Godfather. Thank you Nolan for your great performance for directing Batman since 2005. We won't know what Batman looks like without you. Cheers!

~ HT ~

Tidak ada komentar:

Oz: The Great and Powerful

Oz: The Great and Powerful